Search this site
Embedded Files
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
  • More
    • Beranda
    • Media Ajar
      • Kelas 7
        • Asesmen Awal Pembelajaran 7
        • Berpikir Komputasional 7
        • Pengelolaan Data
        • Pemrograman Dasar
        • Search Engine dan Pengolah Kata
        • Sistem Komputer
        • Jaringan Komputer dan Internet
        • Proteksi Data dan File
        • Analisis Data
        • Ruang dan Informasi Publik
        • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
        • Etika Kecerdasan Artifisial
        • Analisis Konten Deepfake
        • Pemanfaatan KA
        • Kokurikuler
        • Fakta, opini, dan hoaks
      • Kelas 8
        • Asesmen Awal Pembelajaran 8
        • Berpikir Komputasional 8
        • Pemrograman Visual (Blok) 8
        • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
        • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
        • Pencarian dan Visualisasi Data
        • Dampak Perundungan Digital
      • Kelas 9
        • Asesmen Awal Pembelajaran 9
        • Informatika SMP Kelas 9
        • Berpikir Komputasional 9
        • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
        • Sistem Komputer 9
        • JKI 9
        • Analisis Data 9
        • Algoritma Pemrograman 9
        • Kokurikuler 9
    • Perangkat Ajar
    • Game Pembelajaran
    • AI
    • My Style
    • ANVAPRO 2025

HOME     PROFIL     MEDIA AJAR     PERANGKAT AJAR     RUANG DISKUSI     AKUN BELAJAR.ID

Aku Mau Belajar :

Tujuan Pembelajaran

Murid mampu 

  • I-BK-1.1. Memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari.

  • I-BK-1.3. Menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil.

  • KKA-BK-1.2 Menerapkan pemecahan masalah sederhana dalam kehidupan masyarakat.

  • KKA-BK-1.5 Menerapkan langkah-langkah sistematis untuk menyelesaikan masalah.

  • KK-BK-1.8 Mengembangkan solusi efektif untuk permasalahan yang kompleks.

Apersepsi

  • Halo! 

  • Selamat datang pada sesi pembelajaran Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Kita akan belajar melalui serangkaian aktivitas untuk bisa memahami materi Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Pada sesi awal ini, kalian diminta untuk menuliskan pengalaman pribadi terkait Computational Thinking (Berpikir Komputasional). 

  • Silakan Anda jawab sesuai dengan pengalaman dan pemikiran Anda sendiri. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Mulai dari diri adalah tes sebelum belajar.

  • Apa itu berpikir? Dapatkah kalian membedakan antara berpikir dan bertindak?

  • Jawab Pertanyaan

Literasi Digital

  • Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Berpikir Komputasional. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Berpikir Komputasional. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

  • Kegiatan literasi yaitu kegiatan membaca dan menulis ringkasan materi pembelajaran. Ringkasan bisa berupa paragraf, mind map, poster/ gambar, tabel, komik, puisi, lagu, dsb.

  • Carilah informasi tentang,

  1. Apa itu Berpikir Komputasional? 

  2. Apa itu Dekomposisi? Berikan contoh!

  3. Apa itu Pengenalan Pola? Berikan contoh!

  4. Apa itu Abstraksi? Berikan contoh!

  5. Apa itu Algoritma? Berikan contoh!

  • Selamat berproses! 

Apa itu BK.pdf
COMPUTATIONAL THINKING ALL.pptx

Popcast Berpikir Komputasinal (Literasi Tambahan)

Bebras Podcast - Ep. 1: "Apa itu Computational Thinking?"

https://www.youtube.com/watch?v=Z_HnjgZT8HU&t=80s

Oleh : Bebras Indonesia

Bebras Podcast - Ep. 2: "AADP, PADA, ADAP, atau apa?"

(ABSTRAKSI, ALGORITMA, DEKOMPOSISI, PENGENALAN POLA)

https://www.youtube.com/watch?v=05chuA0vPHQ&t=1250s

Oleh : Bebras Indonesia

Uji Pemahaman

https://wordwall.net/ verdyhendrianto30

https://wordwall.net/play/34430/863/1449 

Aktivitas 1 : Gelang Warna Warni

Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Menyelesaikan Persoalan Algoritma pada Soal Gelang Warna Warni. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Menyelesaikan Persoalan Algoritma pada Soal Gelang Warna Warni. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

Selamat berproses! 

CT gelang warna warni.pdf

Aktivitas 2 : Mengisi Ember

Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Menyelesaikan Persoalan Optimasi pada Soal Mengisi Ember. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Menyelesaikan Persoalan Optimasi pada Soal Mengisi Ember. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

Selamat berproses! 

CT ember.pdf

Aktivitas 3 : Kata Rahasia

Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Menyelesaikan Persoalan Struktur Data pada Soal Kata Rahasia. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Menyelesaikan Persoalan Struktur Data pada Soal Kata Rahasia. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

Selamat berproses! 

CT kartu.pdf

Aktivitas 4 : Peminjaman Ruang

Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Menyelesaikan Persoalan Representasi Data pada Soal Peminjangan Ruangan. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Menyelesaikan Persoalan Representasi Data pada Soal Peminjangan Ruangan. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

Selamat berproses! 

CT ruang.pdf

Pengayaan

Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh dalam Menyelesaikan Persoalan Computational Thinking. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Menyelesaikan Persoalan Computational Thinking. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

Selamat berproses! 

Jika kalian tertarik dengan materi ini dan ingin mendalaminya lebih jauh,

berikut tautan yang bisa diakses:

Situs Praktis: https://www.bbc.co.uk/bitesize/topics/z7tp34j

Video: https://www.youtube.com/watch?v=VFcUgSYyRPg

Presentasi

https://wheelofnames.com/vzn-6mu

https://www.online-stopwatch.com/duck-race/full-screen/?countdown=00:00:07&characterStyle=0

Penilaian

www.dipainformatika.my.id
Google Sites
Report abuse
Page details
Page updated
Google Sites
Report abuse