Search this site
Embedded Files
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
  • More
    • Beranda
    • Media Ajar
      • Kelas 7
        • Asesmen Awal Pembelajaran 7
        • Berpikir Komputasional 7
        • Pengelolaan Data
        • Pemrograman Dasar
        • Search Engine dan Pengolah Kata
        • Sistem Komputer
        • Jaringan Komputer dan Internet
        • Proteksi Data dan File
        • Analisis Data
        • Ruang dan Informasi Publik
        • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
        • Etika Kecerdasan Artifisial
        • Analisis Konten Deepfake
        • Pemanfaatan KA
        • Kokurikuler
        • Fakta, opini, dan hoaks
      • Kelas 8
        • Asesmen Awal Pembelajaran 8
        • Berpikir Komputasional 8
        • Pemrograman Visual (Blok) 8
        • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
        • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
        • Pencarian dan Visualisasi Data
        • Dampak Perundungan Digital
      • Kelas 9
        • Asesmen Awal Pembelajaran 9
        • Informatika SMP Kelas 9
        • Berpikir Komputasional 9
        • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
        • Sistem Komputer 9
        • JKI 9
        • Analisis Data 9
        • Algoritma Pemrograman 9
        • Kokurikuler 9
    • Perangkat Ajar
    • Game Pembelajaran
    • AI
    • My Style
    • ANVAPRO 2025

HOME     PROFIL     MEDIA AJAR     PERANGKAT AJAR     RUANG DISKUSI     AKUN BELAJAR.ID

Aku Mau Belajar :

Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat memahami konfigurasi dan routing jaringan komputer.

  • Memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital untuk membuat laporan.

Apersepsi

  • Halo! 

  • Selamat datang pada sesi pembelajaran Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Kita akan belajar melalui serangkaian aktivitas untuk bisa memahami materi Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Pada sesi awal ini, kalian diminta untuk menuliskan pengalaman pribadi terkait Computational Thinking (Berpikir Komputasional). 

  • Silakan Anda jawab sesuai dengan pengalaman dan pemikiran Anda sendiri. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Mulai dari diri adalah tes sebelum belajar.

  •  Apa itu jaringan internet? Bagaimana cara kerja internet sehingga kita bisa mengakses informasi yang berada di lokasi lain yang terhubung dengan internet?

Klik untuk menjawab ==> https://www.mentimeter.com/

Literasi Digital

  • Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Berpikir Komputasional. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Berpikir Komputasional. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

  • Kegiatan literasi yaitu kegiatan membaca dan menulis ringkasan materi pembelajaran. Ringkasan bisa berupa paragraf, mind map, poster/ gambar, tabel, komik, puisi, lagu, dsb.

  • Carilah informasi

Carilah informasi tentang,

  1. Apa itu Jaringan Lokal? 

  2. Apa itu Jaringan Internet?

  3. Apa itu Node dan Link?

  4. Apa Routing?

  • Selamat berproses! 

JKI 8.pdf

Aktivitas 1

  • LKI-JKI8-1

  • Silahkan asah pemahaman kalian tentang jaringan komputer dan internet melaui game berikut ini.

  • KLIK DISINI informatikaxxx1

Aktivitas 2

Kegiatan kelompok

  1. Peserta berdiskusi secara berkelompok dengan anggota kelompok 3-4 orang, mendiskusikan lembar kerja kelompok berikut ini. 

  2. Buka Lembar Kerja ==> LKK-JKI-1  ==> Jika ingin mendownload dengan cara : Klik FIle -> Download -> Microsoft Word (.Docx) 

  3. Hasil lembar kerja dibuat dalam bentuk Laporan di Microsoft Word atau Google Document, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Ukuran kertas A4   klik disini jika belum tahu

  • Margin (atas 4, bawah 3, kiri 4, kanan 3)   klik disini jika belum tahu

  • Line spasing 1,5   klik disini jika belum tahu

  • Font : Arial, Font Size : 12 (khusus pendahuluan, isi, kesimpulan dan penutup), untuk judul bebas

  • Halaman terdiri dari: 


Halaman Judul:

  • Judul laporan (contoh : Konfigurasi dan Routing Jaringan Komputer) 

  • Logo sekolah 

  • Nama penulis, no presensi, kelas

  • Identitas sekolah

  • Tahun pembuatan laporan

Pendahuluan:

  • Latar belakang 

  • Rumusan masalah

  • Tujuan

Isi (Pembahasan):

  • Penyajian hasil diskusi, yang terdiri dari:

    1. Konfigurasi jaringan komputer

    2. Jalur routing

Kesimpulan dan penutup:

  • Rangkuman hasil diskusi

  • Penutup


Daftar Pustaka (jika ada):

  • Daftar sumber yang digunakan dalam penulisan laporan


Upload ke ==> Upload

Link Youtube Tutorial:

Cara mengatur ukuran kertas

Cara mengatur margin

Cara mengatur spasi (line spacing)

Link Youtube Tutorial:

Cara mengatur jenis huruf (font) dan ukuran huruf (font size)

Cara menyimpan dokumen (file)

Cara membuka file yang pernah disimpan

Hasil Pengiriman Tugas

Upload LK 8 (Jawaban)

Aktivitas 3

LKI-JKI8-2

Lakukan Aktivitas Individu (Kekuatan Sinyal Ponsel) pada Buku Informatika halaman 103 s.d 104. Kerjakan di buku tulis.

Presentasi

www.dipainformatika.my.id
Google Sites
Report abuse
Page details
Page updated
Google Sites
Report abuse