HOME PROFIL MEDIA AJAR PERANGKAT AJAR RUANG DISKUSI AKUN BELAJAR.ID
Peserta didik mampu membuat sekumpulan instruksi menggunakan pemrograman visual (blok).
Halo!
Selamat datang pada sesi pembelajaran Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Kita akan belajar melalui serangkaian aktivitas untuk bisa memahami materi Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Pada sesi awal ini, kalian diminta untuk menuliskan pengalaman pribadi terkait Computational Thinking (Berpikir Komputasional).
Silakan Anda jawab sesuai dengan pengalaman dan pemikiran Anda sendiri. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Mulai dari diri adalah tes sebelum belajar.
Bermain game itu sangat menyenangkan. Apakah saat bermain games kalian memetik pelajaran apa dari permainan?
Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Berpikir Komputasional. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Berpikir Komputasional. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut.
Kegiatan literasi yaitu kegiatan membaca dan menulis ringkasan materi pembelajaran. Ringkasan bisa berupa paragraf, mind map, poster/ gambar, tabel, komik, puisi, lagu, dsb.
Carilah informasi
Apa itu input?
Apa itu Variable?
Apa itu Control?
Apa itu Custom Block?
Selamat berproses!
Peserta berdiskusi secara berkelompok dengan anggota kelompok 2 orang. Cobalah sebuah program sederhana dengan menggunakan pemrograman visual scratch berikut ini.
Buatlah akun di https://scratch.mit.edu
Lakukan latihan membuat coding seperti di bawah ini
Share tautan pada link Kirim Tautan
Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Menyelesaikan Persoalan Algoritma pada Soal Gelang Warna Warni. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Menyelesaikan Persoalan Algoritma pada Soal Gelang Warna Warni. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut.
Selamat berproses!
Ayo, Berlatih
Aktivitas Kelompok
LKK 1 : Bermain dengan Control, Input dan Variable
Pada aktivitas ini, kalian akan mencoba menggunakan membuat game dengan menggunakan kode Control, Input, dan Variable pada Sractch.
Buka aplikasi https://scratch.mit.edu/
Buat akun pada scratch.
Buatlah sebuah game yang didalamnya ada skor hasil (contoh game menggunakan skor ada dibawah ini).
Copy tautan dan kirim pada link : kirim tautan
Cobalah sebuah program sederhana dengan menggunakan pemrograman visual scratch berikut ini.
Buatlah akun di https://scratch.mit.edu
Bermain dengan karakter (Memainkan SPRITE Si Kucing Bermain bola) hal. 207 s.d 209.
Share tautan pada link Kirim Tautan