Search this site
Embedded Files
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
  • More
    • Beranda
    • Media Ajar
      • Kelas 7
        • Asesmen Awal Pembelajaran 7
        • Berpikir Komputasional 7
        • Pengelolaan Data
        • Pemrograman Dasar
        • Search Engine dan Pengolah Kata
        • Sistem Komputer
        • Jaringan Komputer dan Internet
        • Proteksi Data dan File
        • Analisis Data
        • Ruang dan Informasi Publik
        • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
        • Etika Kecerdasan Artifisial
        • Analisis Konten Deepfake
        • Pemanfaatan KA
        • Kokurikuler
        • Fakta, opini, dan hoaks
      • Kelas 8
        • Asesmen Awal Pembelajaran 8
        • Berpikir Komputasional 8
        • Pemrograman Visual (Blok) 8
        • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
        • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
        • Pencarian dan Visualisasi Data
        • Dampak Perundungan Digital
      • Kelas 9
        • Asesmen Awal Pembelajaran 9
        • Informatika SMP Kelas 9
        • Berpikir Komputasional 9
        • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
        • Sistem Komputer 9
        • JKI 9
        • Analisis Data 9
        • Algoritma Pemrograman 9
        • Kokurikuler 9
    • Perangkat Ajar
    • Game Pembelajaran
    • AI
    • My Style
    • ANVAPRO 2025

HOME     PROFIL     MEDIA AJAR     PERANGKAT AJAR     RUANG DISKUSI     AKUN BELAJAR.ID

Aku Mau Belajar :

RPM KOLABORASI 2-IX.docx.pdf

Pada saat jam Gali 35 (Gerakan aksi lingkungan 3 kali sehari selama 5 menit), Guru meminta peserta didik mengumpulkan sampah yang ada di sekitar tempat duduk dan menyiram taman kelas. (Peduli Lingkungan) 

Guru meminta peserta didik berhati-hati menggunakan peralatan TIK dan sumber arus listrik, memperhatikan jarak pandang dengan perangkat elektronik (HP/ laptop/ komputer/ dsb) antara 35 s.d 60 cm, dan mentaati protokol kesehatan. (SRA) 

Tujuan Pembelajaran

Murid dapat:

  • Peserta didik mampu memahami fungsi dan manfaat tools yang digunakan sebagai media publikasi online (Google Site) 

  • Peserta didik mampu mengoperasikan tools (perkakas) yang berfungsi sebagai media publikasi online

  • Peserta didik mampu memanfaatkan Tools (perkakas) untuk menghasilkan karya digital kreatif sebagai ruang untuk publikasi pribadi secara online

Apersepsi

  • Halo! 

  • Selamat datang pada sesi pembelajaran Pengelolaan Data. 

  • Pada sesi awal ini, kalian diminta untuk mengingat materi sebelumnya. 

  • Tayangan Video : 

  • Pertanyaan pemantik: Memberi komentar dari video.

Memahami

Literasi Digital 

Di tahap awal ini, Kalian akan diajak untuk memahami konsep-konsep inti dalam Materi pada Korkurikuler Kolaborasi 2 yang melibatkan mapel Informatika, Prakarya, IPA, dan Matematika. Kita akan menyelami modul yang telah disiapkan, yaitu "Karya Digital Kreatif", Kalian akan mempelajari secara mendalam mengenai Media Publikasi Online.

Untuk memperdalam pemahaman, Kalian dapat mencermati bahan bacaan yang telah disediakan sebagai panduan dalam mempelajari materi ini. 

Selanjutnya, kalian akan diminta untuk:

  • Membuat ringkasan bermakna berupa paragraf/ mind map/ poster/ gambar/ tabel/ komik/ puisi/ lagu/ dsb. yang merangkum pemahaman kalian.

Selamat berproses! 

Media Publikasi Online 


Media publikasi online adalah sarana atau platform digital yang digunakan untuk menyebarkan informasi, ide, berita, atau konten lainnya kepada publik melalui jaringan internet. Media ini memungkinkan proses publikasi dilakukan secara cepat, interaktif, dan dapat menjangkau audiens yang luas tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. 

Istilah "media publikasi online" merujuk pada platform digital yang digunakan untuk menyebarkan informasi, berita, atau konten kepada publik melalui internet. Media ini bisa berbentuk situs web, blog, media sosial, atau platform distribusi digital lainnya.


Jenis-Jenis Media Publikasi Online

Berikut beberapa contoh media publikasi online yang umum:

  1. Website 

Website adalah kumpulan halaman digital yang saling terhubung dan dapat diakses melalui internet dengan menggunakan alamat domain tertentu (seperti www.contoh.com). Website biasanya berisi informasi, gambar, video, atau layanan interaktif yang disimpan di server dan ditampilkan melalui peramban (browser) seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge. 


Fungsi Website:

  • Sebagai sarana informasi (misalnya portal berita)

  • Alat promosi dan pemasaran (misalnya website perusahaan)

  • Sarana penjualan online (toko online atau e-commerce)

  • Tempat edukasi dan pembelajaran (misalnya e-learning)

  • Wadah interaksi dan komunitas (forum atau media sosial)


Jenis-jenis Website:

1. Website Pribadi (Personal Website)

Digunakan oleh individu untuk menampilkan profil, portofolio, blog pribadi, atau hobi.

🔹 Contoh: Blog pribadi, website CV online, portofolio seniman/desainer/profesional.
🔹 Contoh Platform: WordPress, Blogger, Wix.

2. Website Perusahaan (Corporate Website)

Mewakili identitas resmi suatu perusahaan, menyampaikan informasi tentang produk, layanan, dan profil perusahaan.

🔹 Contoh: www.telkom.co.id, sidu.id, telkomsel.com, www.indofood.com.
🔹 Fitur umum: Tentang Kami, Layanan, Kontak, Berita Perusahaan.

3. Website E-Commerce (Toko Online)

Digunakan untuk menjual produk atau jasa secara online, dilengkapi dengan keranjang belanja dan sistem pembayaran.

🔹 Contoh: Tokopedia, Shopee, Bukalapak

4. Website Berita atau Portal Informasi

Menyediakan informasi aktual, berita harian, artikel, dan opini.

🔹 Contoh: Kompas.com, Detik.com, CNNIndonesia.com,  radarbromo.jawapos.com.
🔹 Ciri khas: Update cepat, kategori berita.

5. Website Pemerintah (Government Website)

Menyediakan layanan publik dan informasi resmi dari lembaga pemerintah.

🔹 Contoh: kemdikbud.go.id, pajak.go.id,  probolinggokota.go.id.
🔹 Fitur umum: Layanan online, pengumuman, regulasi.

6. Website Pendidikan (Educational Website)

Digunakan oleh institusi pendidikan atau penyedia kursus online untuk pembelajaran dan informasi akademik.

🔹 Contoh: ugm.ac.id,  www.sman1probolinggo.sch.id,  smpn1probolinggo.sch.id.
🔹 Konten: Informasi pendidikan, informasi pendaftaran, Informasi kegiatan.

7. Website Komunitas atau Organisasi

Berfungsi sebagai tempat diskusi antar pengguna dengan minat yang sama.

🔹 Contoh: www.pmi.or.id,  www.kaskus.co.id,  kehati.or.id,  rapi.or.id.

8. Website Hiburan (Entertainment Website)

Menyediakan konten hiburan seperti musik, film, video, meme, atau game online.

🔹 Contoh: Netflix, YouTube,  hotstar.com,  vidio.com.
🔹 Fitur: Streaming, film, televisi, musik.


  1. Blog
    Blog adalah singkatan dari "weblog", yaitu sebuah jenis website atau bagian dari website yang berisi kumpulan tulisan, artikel, atau catatan (disebut postingan) yang dipublikasikan secara berkala. Isi blog bisa berupa opini pribadi, informasi, tutorial, cerita perjalanan, ulasan produk, dan lain-lain, tergantung pada tujuan dan minat penulisnya.

Blog biasanya dikelola oleh individu, kelompok, atau organisasi, dan memungkinkan pembaca untuk memberikan komentar atau berinteraksi.


Ciri-ciri Blog:

  • Kontennya ditampilkan secara kronologis (yang terbaru muncul di atas)

  • Dikelola secara pribadi atau oleh kelompok kecil

  • Berisi artikel atau tulisan dengan gaya bahasa santai atau informatif

  • Umumnya memiliki fitur komentar untuk pembaca

  • Bisa berupa teks, gambar, video, atau gabungan semuanya


Fungsi Blog

  1. ✅ Sarana Ekspresi Diri atau Opini
    Blog sering digunakan untuk berbagi pandangan pribadi, pengalaman, atau ide.

  2. ✅ Media Informasi dan Edukasi
    Banyak blog membahas topik-topik tertentu seperti teknologi, kesehatan, keuangan, hobi, dll., dengan tujuan memberikan informasi bermanfaat.

  3. ✅ Sarana Promosi dan Pemasaran
    Perusahaan atau pelaku bisnis menggunakan blog sebagai bagian dari strategi content marketing untuk menarik pengunjung dan meningkatkan brand awareness.

  4. ✅ Membangun Personal Branding
    Seorang profesional atau freelancer dapat menggunakan blog untuk menunjukkan keahlian dan portofolio mereka.

  5. ✅ Menghasilkan Uang (Monetisasi)
    Blogger dapat menghasilkan uang melalui iklan, afiliasi, penjualan produk, atau konten bersponsor.

  6. ✅ Komunikasi dan Interaksi dengan Audiens
    Melalui kolom komentar atau media sosial yang terhubung, blog memungkinkan interaksi antara penulis dan pembaca.


Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memulai membuat Blog.

  1. Blogger

Blogger adalah platform dari Google yang memungkinkan pengguna untuk membuat blog dengan mudah dan gratis. Platform ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang baru memulai membuat Blog.

Meski gratis, Blogger dilengkapi dengan berbagai pilihan template yang bisa di custom pada scriptnya. Selain itu, tersedia juga pilihan template yang bisa Anda download dan gunakan secara gratis di Internet.

  1. WordPress

WordPress adalah salah satu content management systems yang berfungsi untuk membuat blog dan website secara instan. CMS WordPress cocok digunakan bagi Anda yang membutuhkan blog dengan tingkat kompleksitas lebih tinggi, dan tampilan yang lebih profesional.


3. Media Sosial

Media sosial adalah platform digital yang memungkinkan pengguna untuk membuat, membagikan, dan berinteraksi dengan konten seperti teks, gambar, video, dan audio secara online. Media sosial juga memungkinkan komunikasi dua arah antar individu atau kelompok secara real-time.

Media sosial dapat diakses melalui perangkat komputer, tablet, atau smartphone, dan biasanya digunakan untuk keperluan pribadi, profesional, maupun bisnis.


Ciri-Ciri Media Sosial:

  • Interaktif dan memungkinkan komunikasi dua arah

  • Pengguna dapat membuat profil pribadi atau halaman

  • Menyediakan fitur untuk berbagi konten (posting, story, video, dll.)

  • Umumnya bersifat komunitas atau jaringan sosial

  • Memiliki sistem like, komentar, dan share


Contoh Media Sosial:

  • Facebook – jejaring sosial umum

  • Instagram – berbasis foto dan video

  • Twitter/X – berbasis teks pendek dan berita

  • TikTok – video pendek dan hiburan

  • LinkedIn – jaringan profesional dan karier

  • YouTube – berbasis video

  • WhatsApp / Telegram – komunikasi pesan instan (juga termasuk media sosial)


Fungsi Media Sosial

    1. ✅ Sarana Komunikasi
      Menghubungkan pengguna dengan teman, keluarga, rekan kerja, atau orang baru dari seluruh dunia.

    2. ✅ Berbagi Informasi dan Konten
      Pengguna dapat membagikan berita, ide, pengalaman, dan hiburan.

    3. ✅ Membangun Komunitas
      Tempat berkumpulnya orang-orang dengan minat atau tujuan yang sama.

    4. ✅ Media Promosi dan Pemasaran
      Digunakan oleh pelaku bisnis, brand, atau influencer untuk membangun audiens dan memasarkan produk atau jasa.

    5. ✅ Membangun Citra Diri (Personal Branding)
      Menunjukkan keahlian, minat, dan pencapaian untuk keperluan pribadi atau profesional.

    6. ✅ Media Hiburan
      Banyak digunakan untuk melihat video lucu, meme, musik, dan konten kreatif lainnya.

    7. ✅ Sarana Edukasi dan Informasi
      Banyak akun media sosial sekarang digunakan untuk berbagi ilmu, tips, tutorial, dan berita aktual.


4. Platform Video dan Streaming

Platform video dan streaming adalah layanan digital yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah, menonton, membagikan, atau menyiarkan video secara langsung (live streaming) melalui internet. Platform ini telah menjadi salah satu media paling populer untuk hiburan, edukasi, pemasaran, hingga komunikasi. 

Berikut ini adalah fungsi utama dari platform video dan streaming:

1. ✅ Sarana Hiburan

Platform seperti YouTube, TikTok, Netflix, dan Twitch menyediakan berbagai jenis konten hiburan seperti film, musik, vlog, video lucu, drama, game streaming, dan lainnya.

  • Contoh: Menonton serial TV di Netflix, vlog traveling di YouTube, atau video dance di TikTok.

2. ✅ Media Edukasi dan Pembelajaran

Banyak konten edukatif tersedia dalam bentuk video tutorial, pelajaran online, seminar (webinar), atau dokumenter.

  • Contoh: Video belajar matematika di YouTube, tutorial coding di Codecademy.

3. ✅ Alat Promosi dan Pemasaran Digital

Brand, perusahaan, dan kreator konten menggunakan video untuk mempromosikan produk, jasa, atau personal branding, karena video lebih menarik perhatian dibanding teks atau gambar.

  • Contoh: Iklan produk di YouTube, unboxing produk di TikTok, atau video testimoni pelanggan.

4. ✅ Live Streaming dan Interaksi Langsung

Platform yang memungkinkan pengguna menyiarkan acara secara langsung dan berinteraksi langsung dengan penonton melalui chat atau komentar.

  • Contoh: YouTube Live, Facebook Live, dan TikTok Live, Live game streaming.

5. ✅ Monetisasi dan Penghasilan

Kreator konten bisa menghasilkan uang dari video melalui berbagai cara, seperti iklan, sponsor, donasi, atau langganan premium.

  • Contoh: Program monetisasi YouTube, fitur TikTok Creator Fund.

6. ✅ Dokumentasi dan Arsip Digital

Video bisa menjadi cara untuk mendokumentasikan kegiatan, acara, atau momen penting dalam format yang mudah diakses kapan saja.

  • Contoh: Webinar yang direkam dan diunggah ke YouTube, atau dokumentasi pernikahan yang dibagikan secara privat.


5. Platform e-Publishing dan e-Journal

Platform e-Publishing adalah sistem digital yang digunakan untuk menerbitkan, mendistribusikan, dan mengakses berbagai jenis publikasi elektronik (e-book, artikel ilmiah, jurnal, majalah digital, dan lainnya) melalui internet. Platform e-Journal secara khusus merujuk pada platform yang digunakan untuk menerbitkan dan mengakses jurnal ilmiah dalam format digital. Biasanya digunakan oleh akademisi, peneliti, mahasiswa, dan institusi pendidikan untuk menyebarkan hasil penelitian secara online.


Fungsi Platform e-Publishing dan e-Journal

✅ 1. Menyebarluaskan Informasi Ilmiah dan Edukasi

Platform e-journal memungkinkan publikasi dan distribusi artikel ilmiah agar bisa diakses oleh komunitas akademik secara global.

✅ 2. Mendukung Akses Pengetahuan Secara Digital

Dengan e-publishing, informasi seperti buku, artikel, atau jurnal bisa diakses kapan saja dan dari mana saja tanpa harus dalam bentuk cetak.

✅ 3. Mempercepat Proses Publikasi

Platform digital mempersingkat proses penerbitan dibanding metode konvensional (cetak), mulai dari review, editing, hingga distribusi.

Contoh: Penerbitan jurnal ilmiah secara daring hanya memerlukan waktu beberapa minggu setelah review selesai.

✅ 4. Media Literasi Digital

Platform ini mendorong masyarakat untuk lebih akrab dengan sumber informasi digital yang valid, kredibel, dan berkualitas.


Fungsi Media Publikasi Online

  • Menyampaikan informasi kepada publik secara luas dan cepat.

  • Meningkatkan visibilitas individu, organisasi, atau produk.

  • Membangun reputasi dan branding secara digital.

  • Menjangkau audiens global tanpa batas geografis.

  • Mendapatkan feedback langsung dari audiens (komentar, like, share, dll).


Publikasi Website Menggunakaan Google Site

Mengenal Google Sites sebagai Media Publikasi Online

Google Sites adalah alat pembuat situs web yang disediakan oleh Google secara gratis. Alat ini dirancang agar siapa pun, bahkan tanpa pengetahuan teknis tentang pemrograman atau desain web, dapat membuat dan menerbitkan situs web dengan mudah. Google Sites sangat cocok untuk membuat situs web sederhana, seperti portofolio, situs web kelas, situs web proyek, atau halaman untuk acara tertentu.

Fungsi Utama Google Sites

  • Pembuatan Website Cepat dan Mudah: Google Sites menggunakan sistem "drag and drop" yang intuitif. Kamu hanya perlu menarik elemen seperti teks, gambar, atau video dan meletakkannya di tempat yang kamu inginkan. Ini membuat proses pembuatan situs web jadi sangat cepat dan efisien.

  • Kolaborasi Real-time: Seperti Google Docs atau Google Sheets, Google Sites memungkinkan beberapa orang untuk bekerja sama di satu situs web secara bersamaan. Ini sangat berguna untuk proyek kelompok atau tim.

  • Integrasi Penuh dengan Ekosistem Google: Google Sites terhubung erat dengan layanan Google lainnya, seperti Google Drive, Google Docs, Google Sheets, Google Forms, dan YouTube. Kamu bisa dengan mudah menyematkan dokumen, presentasi, atau formulir langsung ke dalam situsmu.

  • Penerbitan (Publishing) yang Sederhana: Setelah situs selesai dibuat, kamu bisa langsung menerbitkannya hanya dengan satu klik. Kamu juga bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat situsmu (publik atau terbatas).

Manfaat Menggunakan Google Sites

  • Gratis dan Tanpa Iklan: Kamu tidak perlu membayar biaya hosting atau domain (kecuali jika kamu ingin menggunakan domain kustom) dan situsmu akan bebas dari iklan yang mengganggu.

  • Ramah Pengguna (User-Friendly): Antarmukanya yang sederhana dan bersih membuatnya mudah dipelajari oleh pemula. Tidak ada jargon teknis yang membingungkan.

  • Aksesibel dan Responsif: Situs yang kamu buat akan otomatis menyesuaikan tampilannya agar terlihat baik di berbagai perangkat, mulai dari desktop hingga ponsel.

  • Tersimpan Otomatis dan Aman: Semua perubahan yang kamu lakukan akan disimpan secara otomatis. Selain itu, situsmu akan disimpan di server Google yang aman, sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang kehilangan data.


15 Contoh Google Sites Terbaik 2025 Untuk Ide dan InspirasiSedang mencari contoh Google sites terbaik untuk membantumu membuat website? Inilah 15 contoh Google sites terbaik yang bisa kamu ikuti.
How To Create a Free Website with Google Sites (Ultimate Guide)This Google Sites tutorial is suitable for non-techies who want to learn how to create a free website using the Google Sites website builder.

Mengaplikasi

Aktivitas 1

Membuat Google Sites sebagai Media Publikasi Online

Tujuan dari aktivitas ini adalah agar kalian belajar secara langsung cara membuat, mengedit, dan mempublikasikan situs web sendiri. 


Apa yang kalian perlukan?

Untuk membuat Google Sites sebagai media publikasi online, kalian tidak memerlukan banyak hal. Semuanya dirancang agar semudah mungkin. Berikut adalah hal-hal yang kalian perlukan: 

1. Akun Google (Wajib) menggunakan akun belajar.id.

2. Koneksi Internet 

3. Konten untuk Dipublikasikan 

4. Ide atau Rencana Dasar 


Apa yang kalian lakukan?

Pada proyek Project-Based Learning (PjBL) lintas mata pelajaran dengan tema Karya Digital Kreatif, langkah-langkah untuk membuat Google Sites sebagai media publikasi online adalah sebagai berikut: 


Proses Pembuatan Situs di Google Sites

  • Akses Google Sites: Buka sites.google.com. Login menggunakan akun belajar.id.

  • Mulai Situs Baru: Klik ikon (+) untuk membuat situs baru dari awal atau pilih template yang sesuai dengan tema.

  • Buatlah laman sebagai berikut:

1. Halaman Beranda (Home)

Halaman ini adalah "wajah" dari situs webmu. Tujuannya untuk memberikan kesan pertama yang kuat dan ringkasan singkat tentang apa yang bisa pengunjung temukan di situs ini.

Isi Halaman Beranda:

      1. Judul Utama: Judul yang jelas dan menarik, misalnya "Portofolio Karya Digital [Nama Kamu]".

      2. Ringkasan Singkat: Paragraf singkat yang menjelaskan siapa kamu dan tujuan situs ini.

      3. Gambar Utama: Foto profil profesional atau gambar yang relevan dengan tema situsmu.

      4. Ajakan Bertindak (Call to Action): Tautan atau tombol yang mengarahkan pengunjung ke laman lain yang paling penting, misalnya "Lihat Proyek Saya" atau "Baca Cerita Saya".


2. Halaman Portofolio/Karya (Portfolio/Gallery)

Ini adalah laman inti dari situsmu. Di sini, kamu menampilkan semua karya yang ingin kamu publikasikan. Tujuannya adalah untuk memamerkan keahlian dan pencapaianmu. 

Isi Halaman Portofolio:

  • Galeri Visual: Tampilkan gambar-gambar dari karyamu dalam bentuk galeri atau grid yang rapi.

  • Deskripsi Proyek: Untuk setiap karya, berikan judul, deskripsi singkat, dan detail seperti alat atau teknik yang digunakan.

  • Tautan Eksternal: Jika karyamu ada di platform lain (seperti YouTube, Behance, atau GitHub), sertakan tautan yang mengarah ke sana.

  • Variasi Konten: Kamu bisa memisahkan karya berdasarkan jenisnya (misalnya, "Desain Grafis," "Fotografi," "Penulisan") dengan membuat sub-laman.


Terdapat 4 halaman portofolio/ karya, antara lain:

  1. Karya mapel Matematika

  2. Karya mapel IPA

  3. Karya mapel IPS


3. Halaman Tentang Saya (About Me)

Laman ini berfungsi untuk membangun koneksi pribadi dengan pengunjung. Di sini, kamu bisa menceritakan kisah di balik karya-karyamu.

Isi Halaman Tentang Saya:

  • Narasi Pribadi: Tulis cerita tentang dirimu, minat, dan perjalananmu dalam berkarya. Ini membuatmu terlihat lebih autentik.

  • Informasi Kontak: Cantumkan cara agar orang lain bisa menghubungimu, seperti alamat email atau tautan ke profil media sosial profesionalmu (LinkedIn, Instagram).

  • Riwayat Hidup (opsional): Jika relevan, kamu bisa menyematkan dokumen CV atau riwayat singkat dari Google Drive.

Dengan tiga laman utama ini, situs webmu akan memiliki struktur yang kuat, mudah dinavigasi, dan efektif dalam menyampaikan informasi kepada audiensmu. Tentu saja, kamu bisa menambahkan laman lain sesuai kebutuhan, seperti "Blog" atau "Layanan" jika situsmu bertujuan komersial.


  • Tambahkan Konten: Masukkan semua materi yang sudah kamu siapkan ke dalam halaman-halaman yang telah kamu rencanakan.

    • Gunakan Text Box untuk tulisan.

    • Gunakan Images untuk foto.

    • Gunakan Embed atau YouTube untuk menyematkan video.

    • Gunakan Drive untuk menyematkan dokumen atau presentasi.


  • Atur Tampilan: Ubah tema dan warna di panel Themes agar situsmu terlihat menarik. Kamu juga bisa mengunggah gambar latar belakang sendiri.


Langkah 3: Publikasi dan Evaluasi

  • Pratinjau Situs: Sebelum dipublikasikan, gunakan ikon Preview di bagian atas untuk melihat bagaimana tampilan situsmu di perangkat komputer dan ponsel. Pastikan semuanya terlihat rapi.

  • Publikasikan: Klik tombol Publish di pojok kanan atas.

    • Tentukan alamat web yang unik dan mudah diingat (contoh: sites.google.com/view/portofolioku).

    • Atur visibilitas situs menjadi Public agar bisa diakses oleh siapa pun.

  • Bagikan Tautan: Salin tautan situsmu dan kirimkan ke gurumu sebagai bukti hasil pekerjaanmu.

Contoh Website

(Gunakan akun belajar untuk membuka)


  1. https://sites.google.com/smp.belajar.id/ujianpraktik-keyzaranindita/home?authuser=0 

  2. https://sites.google.com/view/ujianpraktiklumiya/homepage?authuser=0 

  3. https://sites.google.com/smp.belajar.id/ujian-praktek-andaresta-ceyda/home 

  4. https://sites.google.com/smp.belajar.id/ujianpraktekakhirmaryamthalita/ujian-akhir-keterampilan 

  5. https://sites.google.com/smp.belajar.id/almira-chusnia-rulianto/home 

  6. https://sites.google.com/smp.belajar.id/uakfahbi-r/home 

  7. https://sites.google.com/smp.belajar.id/homepageeee/home?authuser=0 

  8. https://sites.google.com/smp.belajar.id/ujianpraktikevan14/home?authuser=0 

  9. https://sites.google.com/smp.belajar.id/ujipraktek-kanahaya/home?authuser=0 

  10. https://sites.google.com/smp.belajar.id/ujian-praktik-bumi-jauhardi/home?authuser=0 

Cara Memperpendek Link Website Secara Mudah

https://blog.rumahweb.com/cara-memperpendek-link-website/ 

Pengumpulan Alamat/ Link Website

Cara membuat alamat website (link website)

  1. Klik Tombol Publikasikan: Di bagian atas editor. 

  2. Masukkan Alamat Web: Di jendela pengaturan publikasi, masukkan nama yang diinginkan untuk URL situs Anda di kolom Alamat web. contoh: isi : ronaldo akan menghasilkan alamat: https://sites.google.com/smp.belajar.id/ronaldo 

  3. Atur Opsi Akses (Opsional): Klik "Kelola", Situs yang dipublikasikan pilih publik.

  4. Publikasikan: Klik Publikasikan untuk menyebarkan situs Anda secara online. Lakukan klik publikasikan setiap ada perubahan isi/ konten website.

Pengumpulan Alamat/ Link Websiter =>  Klik disini 

Pengumpulan Link Website (Jawaban)

Presentasi

Duck Race - Duck GamesPick a winner with our Online Duck Race! This Duck Game is sure to be a big hit in classrooms! It's Quackers!

Merefleksi

v  Guru memandu refleksi bersama (Bersahabat/ Komunikasi) (Comunication  dan Colaborative 4K) [Eksplorasi Pemahaman]

  • Apa yang sudah dipelajari?

  • Apa kendala yang dihadapi dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Apa manfaat belajar algoritma dan pemrograman visual?

v  Guru memberikan penguatan konsep dan motivasi. 

v  Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami materi pembelajaran. (Comunication dan Colaboration)

v  Guru dan peserta didik  menyimpulkan tentang materi yang dipelajari. Guru memberikan poin-poin penting mengenai materi yang telah dipelajari. (Comunication dan Colaboration)

v  Guru memberikan motivasi dan memuji hasil karya peserta didik. (SRA)

v  Guru bersama peserta didik mensyukuri nikmat dan karunia yang diberikan Tuhan, dan meminta peserta didik bedoa dan meninggalkan ruangan dengan tertib. (Religius dan Disiplin)


Rubrik Penilaian

www.dipainformatika.my.id
Google Sites
Report abuse
Page details
Page updated
Google Sites
Report abuse