Search this site
Embedded Files
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
  • More
    • Beranda
    • Media Ajar
      • Kelas 7
        • Asesmen Awal Pembelajaran 7
        • Berpikir Komputasional 7
        • Pengelolaan Data
        • Pemrograman Dasar
        • Search Engine dan Pengolah Kata
        • Sistem Komputer
        • Jaringan Komputer dan Internet
        • Proteksi Data dan File
        • Analisis Data
        • Ruang dan Informasi Publik
        • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
        • Etika Kecerdasan Artifisial
        • Analisis Konten Deepfake
        • Pemanfaatan KA
        • Kokurikuler
        • Fakta, opini, dan hoaks
      • Kelas 8
        • Asesmen Awal Pembelajaran 8
        • Berpikir Komputasional 8
        • Pemrograman Visual (Blok) 8
        • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
        • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
        • Pencarian dan Visualisasi Data
        • Dampak Perundungan Digital
      • Kelas 9
        • Asesmen Awal Pembelajaran 9
        • Informatika SMP Kelas 9
        • Berpikir Komputasional 9
        • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
        • Sistem Komputer 9
        • JKI 9
        • Analisis Data 9
        • Algoritma Pemrograman 9
        • Kokurikuler 9
    • Perangkat Ajar
    • Game Pembelajaran
    • AI
    • My Style
    • ANVAPRO 2025

HOME     PROFIL     MEDIA AJAR     PERANGKAT AJAR     RUANG DISKUSI     AKUN BELAJAR.ID

Aku Mau Belajar :

Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat memahami pemanfaatan  perkakas teknologi digital untuk membuat analisis dan interpretasi data.

Apersepsi

  • Halo! 

  • Selamat datang pada sesi pembelajaran Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Kita akan belajar melalui serangkaian aktivitas untuk bisa memahami materi Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Pada sesi awal ini, kalian diminta untuk menuliskan pengalaman pribadi terkait Computational Thinking (Berpikir Komputasional). 

  • Silakan Anda jawab sesuai dengan pengalaman dan pemikiran Anda sendiri. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Mulai dari diri adalah tes sebelum belajar.

  • Mengapa kita perlu mengolah data?

Klik untuk menjawab ==> JAWAB MULAI DARI DIRI

Literasi Digital

  • Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Perangkat Komputer (Perangkat Keras dan Perangkat Lunak). Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Perangkat Komputer. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

  • Kegiatan literasi yaitu kegiatan membaca dan menulis ringkasan materi pembelajaran. Ringkasan bisa berupa paragraf, mind map, poster/ gambar, tabel, komik, puisi, lagu, dsb.

  • Kegiatan Literasi yaitu membaca dan menulis ringkasan pada materi bacaan. Hasil ringkasan dalam bentuk paragraf/ mind map/ tabel/ poster/ komik/ dsb.

  • Selamat berproses! 

Bab 6-INFORMATIKA-BS-KLS VII.pdf

Aktivitas 1

LKK-AD7-1


Kegiatan Kelompok


Peserta berdiskusi secara berkelompok dengan anggota kelompok 2-3 orang, mendiskusikanlembar kerja kelompok berikut ini. 

Panduan Kerja Kelompok

  1. Bukalah aplikasi pengolah lembar, contoh: Microsoft Excel, Google Spreadsheet, dsb.

  2. Tambah sheet (worksheet) .

  3. Ubah nama sheet menjadi analisis data.

  4. Buatlah sebuah tabel bebas, contoh tabel data siswa, tabel data penyebaran covid-19, data tempat wisata, data sekolah, dsb.

  5. Ubah tampilan menjadi lebih menarik.

  6. Simpan dengan nama: LKK-AD7-1-Nama Kelompok.


Setelah dikerjakan upload pada link ==> UPLOAD

Aktivitas 2

Silahkan asah pemahaman kalian tentang analisis data melaui game berikut ini. 

KELAS 7.1 KELAS 7.2 KELAS 7.3 KELAS 7.4 KELAS 7.5 KELAS 7.6     KELAS 7.7

Aktivitas 3

Lakukan Aktivitas Individu (Perkakas Pengolah Lembar Kerja). 

Gambarlah lembar kerja Perkakas Pengolah Data berikut di buku tulis kalian!

Pada perkakas pengolah lembar kerja tersebut terdapat bagian yang bernama sheet (worksheet), sel (cell), range, kolom (column), baris (row). Tunjukkan dalam bentuk gambar keempat bagian tersebut!

Aktivitas 4

Kegiatan kelompok

Peserta berdiskusi secara berkelompok dengan anggota kelompok 2-4 orang, mendiskusikanlembar kerja kelompok berikut ini. 


Panduan Kerja Kelompok

  1. Buatlah tabel data penduduk dari 4 propinsi, masing-masing propinsi terdiri dari 3 kabupaten/kota. 

  2. Data tabel penduduk dilengkapi dengan rumus sum, sumif, count, countif, average, max, min, dsb sesuai dengan kebutuhan.

  3. Buat tampilan lebih menarik.


Setelah dikerjakan upload pada link ==> UPLOAD

Aktivitas 5

Silahkan asah pemahaman kalian tentang analisis data melaui game berikut ini. 

KELAS 7.1 KELAS 7.2 KELAS 7.3 KELAS 7.4 KELAS 7.5 KELAS 7.6     KELAS 7.7

Aktivitas 6

Silahkan asah pemahaman kalian tentang jaringan komputer dan internet melaui game berikut ini. 

KELAS 7.1 KELAS 7.2 KELAS 7.3 KELAS 7.4 KELAS 7.5 KELAS 7.6     KELAS 7.7

Lakukan Aktivitas Individu (Kasus Analisis Data) pada buku paket hal. 190-192. 

Jawaban bisa berupa hasil praktik atau cukup ditulis di buku tulis.

Presentasi

https://wheelofnames.com/ 

www.dipainformatika.my.id
Google Sites
Report abuse
Page details
Page updated
Google Sites
Report abuse