Search this site
Embedded Files
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
  • More
    • Beranda
    • Media Ajar
      • Kelas 7
        • Asesmen Awal Pembelajaran 7
        • Berpikir Komputasional 7
        • Pengelolaan Data
        • Pemrograman Dasar
        • Search Engine dan Pengolah Kata
        • Sistem Komputer
        • Jaringan Komputer dan Internet
        • Proteksi Data dan File
        • Analisis Data
        • Ruang dan Informasi Publik
        • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
        • Etika Kecerdasan Artifisial
        • Analisis Konten Deepfake
        • Pemanfaatan KA
        • Kokurikuler
        • Fakta, opini, dan hoaks
      • Kelas 8
        • Asesmen Awal Pembelajaran 8
        • Berpikir Komputasional 8
        • Pemrograman Visual (Blok) 8
        • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
        • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
        • Pencarian dan Visualisasi Data
        • Dampak Perundungan Digital
      • Kelas 9
        • Asesmen Awal Pembelajaran 9
        • Informatika SMP Kelas 9
        • Berpikir Komputasional 9
        • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
        • Sistem Komputer 9
        • JKI 9
        • Analisis Data 9
        • Algoritma Pemrograman 9
        • Kokurikuler 9
    • Perangkat Ajar
    • Game Pembelajaran
    • AI
    • My Style
    • ANVAPRO 2025

HOME     PROFIL     MEDIA AJAR     PERANGKAT AJAR     RUANG DISKUSI     AKUN BELAJAR.ID

Aku Mau Belajar :

Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat membuat proteksi data dan kata sandi yang aman.

  • Peserta didik dapat memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital untuk membuat presentasi

Apersepsi

  • Halo! 

  • Selamat datang pada sesi pembelajaran Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Kita akan belajar melalui serangkaian aktivitas untuk bisa memahami materi Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Pada sesi awal ini, kalian diminta untuk menuliskan pengalaman pribadi terkait Computational Thinking (Berpikir Komputasional). 

  • Silakan Anda jawab sesuai dengan pengalaman dan pemikiran Anda sendiri. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Mulai dari diri adalah tes sebelum belajar.

  • Berbagai macam transaksi di internet, seperti e-commerce, aplikasi chat, e-banking, dan lain-lain dimana data yang mengalir di jaringan adalah data yang sensitif, seperti pin, pasword, username, dll. Data tersebut harus diproteksi sehingga tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berhak. Sebutkan salah satu cara memproteksi data tersebut! 

Literasi Digital

  • Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Perangkat Komputer (Perangkat Keras dan Perangkat Lunak). Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Perangkat Komputer. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

  • Kegiatan literasi yaitu kegiatan membaca dan menulis ringkasan materi pembelajaran. Ringkasan bisa berupa paragraf, mind map, poster/ gambar, tabel, komik, puisi, lagu, dsb.

  • Kegiatan Literasi yaitu membaca dan menulis ringkasan pada materi bacaan. Hasil ringkasan dalam bentuk paragraf/ mind map/ tabel/ poster/ komik/ dsb.

  • Carilah informasi tentang,

      1. Apa itu Enkripsi? 

      2. Apa itu Caisar Chipper?

      3. Bagaimana cara kerja caisar chiper dan berikan contohnya?

Bacalah halaman 127 s.d 133

  • Selamat berproses! 

Bab 5-INFORMATIKA-BS-KLS VII.pdf

Aktivitas 1

Latihan 1 : Membuat Enkripsi Data


Apa yang Kalian Perlukan?

  • Komputer

  • Aplikasi Caesar’s Cipher : https://studio.code.org/s/hoc-encryption/stage/1/puzzle/1



Apa yang Kalian Lakukan?

  1. Buka aplikasi enkripsi menggunakan Caesar’s Cipher : https://studio.code.org/s/hoc-encryption/stage/1/puzzle/1.

  2. Enkripsi kata berikut ini dengan metode bergeseran alfabet bebas, tulis di buku tulismu!

  1. Sekolah

  2. tinggikan adab daripada ilmu

  3. Nama Lengkap masing-masing



Latihan 2 : Membuat Presentasi Sederhana


Apa yang Kalian Perlukan?

Komputer yang telah terpasang Aplikasi Presentasi (Microsoft Powerpoint, Google Document, dsb).


Apa yang Kalian Lakukan?

  1. Membuat presentasi baru dengan membuka salah satu aplikasi berikut ini!

  • Microsoft Powerpoint

  • Google Slide (Online)

  • Canva Presentasi (Online) 

  • dll

  1. Menambah slide baru.

  2. Membuat desain baru.

  3. Menyisipkan teks, gambar, video, dsb.

  4. Membuat animasi transisi slide.

  5. Membuat animasi konten (teks, gambar, dsb).

  6. Menampilkan slide show.

  7. Menyimpan dokumen.

Aktivitas 2

Aktivitas Kelompok : Membuat Presentasi Sederhana dan Membuat Enkripsi Data


Apa yang Kalian Perlukan?

Komputer yang telah terpasang Aplikasi Presentasi (Microsoft Powerpoint, Google Slide, Canva Presentasi, dsb).


Apa yang Kalian Lakukan?

  1. Buatlah presentasi baru, new blank slide, dan isilah judul (title) dengan Proteksi Data dan File,  isi penulisnya dengan nama kalian, tambahkan logo sekolah.

  2. Tambah slide baru, add new slide, Title dan Content. isi dengan pengertian enkripsi data.

  3. Tambah slide baru, add new slide, Title dan Content. isi dengan pengertian Caesar’s Cipher.

  4. Tambah slide baru, add new slide, 

Buatlah enkripsi menggunakan Caesar’s Cipher data berikut ini: https://studio.code.org/s/hoc-encryption/stage/1/puzzle/1.

  1. Selamat Datang

  2. SMP Negeri 1 Probolinggo

  3. Always Number One

  1. Tambah slide baru, add new slide, 

Buatlah kata-kata yang sudah dienkripsi, hasil enskripsi kalian akan di tebak oleh kelompok lain.

  1. Pilih desain slide yang kalian sukai.

  2. Tambahkan gambar dengan klik Insert Picture > Online Pictures > Search dengan keyword a. Insert salah satu gambar ke slide.

  3. Search gambar yang lain dan insert-kan ke slide sehingga slide tidak tampak kosong.

  4. Buat animasi untuk gambar yang diinsert-kan dengan memilih menu Animations > Pilih salah satu jenis animations.

  5. Setelah slide presentasi selesai dibuat, slide dapat dipresentasikan dengan klik menu Slide Show, Pilih From Beginning jika ingin presentasi mulai dari slide terdepan.

  6. Saat presentasi, akan tersedia tombol bantuan untuk presentasi seperti:

a.  Previous

b.  Next

c.  Laser Pointer, Pen, dan Highlighter

d.  Multi View

e.  Zoom

  1. Setelah selesai, simpan slide kalian, dengan cara: Klik File > Save, pilih folder tempat menyimpan file, beri nama file dan klik tombol Save.

  2. Kirim hasil karya ke : Link Pengiriman Tugas

Presentasi Endkripsi Data (Jawaban)

Selamat kepada anak-anak yang sudah berhasil menyelesaikan pembelajaran ini!

You are excellent, you are the best!

Presentasi

https://wheelofnames.com/vzn-6mu

Penilaian

Proteksi Data

  1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian enkripsi data? [25]

  2. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Caisar Chipper's? [25]

  3. Peserta didik dapat melakukan enkripsi data menggunakan Caisar Chipper's? [50]

www.dipainformatika.my.id
Google Sites
Report abuse
Page details
Page updated
Google Sites
Report abuse