HOME PROFIL MEDIA AJAR PERANGKAT AJAR RUANG DISKUSI AKUN BELAJAR.ID
Peserta didik dapat menggunakan lembar kerja pengolah data untuk pencarian dan visualisasi data.
Halo!
Selamat datang pada sesi pembelajaran Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Kita akan belajar melalui serangkaian aktivitas untuk bisa memahami materi Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Pada sesi awal ini, kalian diminta untuk menuliskan pengalaman pribadi terkait Computational Thinking (Berpikir Komputasional).
Silakan Anda jawab sesuai dengan pengalaman dan pemikiran Anda sendiri. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Mulai dari diri adalah tes sebelum belajar.
Perhatikan tampilan data di atas, mana tampilan yang lebih mudah dan lebih cepat untuk dianalisis, tabel data atau tampilan chart (grafik)?
Tulis jawaban ==> klik disini
Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Berpikir Komputasional. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Berpikir Komputasional. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut.
Kegiatan literasi yaitu kegiatan membaca dan menulis ringkasan materi pembelajaran. Ringkasan bisa berupa paragraf, mind map, poster/ gambar, tabel, komik, puisi, lagu, dsb.
Carilah informasi
Carilah informasi tentang,
Apa itu Lookup?
Apa itu vlookup dan hlookup?
Apa itu Reference?
Apa itu match, index, dan choose?
Apa itu Visualisasi Data?
Apa saja jenis-jenis chart (minimal 5)?
Selamat berproses!
Buka link berikut ini untuk melakukan asesmen formatif. Ketik nama dan kelas. Klik Mulai.
webpembelajaranverdy
Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Menyelesaikan Persoalan Algoritma pada Soal Gelang Warna Warni. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Menyelesaikan Persoalan Algoritma pada Soal Gelang Warna Warni. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut.
Selamat berproses!
LKK2-AD8
Lakukan Aktivitas Kelompok berikut ini.
Buatlah tabel seperti di bawah ini menggunakan aplikasi pengolah angka atau pengolah lembar kerja, contoh Microsoft Excel, Google Spreadsheet, dsb.
Mapel diisi otomatis menggunakan formula vlookup.
Nilai diisi manual sesuai dengan rapor semester ganjil.
Buatlah grafik dengan model bebas dari data nilai kalian.
Simpan file dengan nama: LKK2-AD8-NAMA-NO.PRESENSI
Upload lembar kerja ==> Upload
catatan : data kode mapel dan mapel boleh diganti dengan yang lain, misalnya : kode barang dan nama barang, dsb.
Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Menyelesaikan Persoalan Algoritma pada Soal Gelang Warna Warni. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Menyelesaikan Persoalan Algoritma pada Soal Gelang Warna Warni. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut.
Selamat berproses!