Search this site
Embedded Files
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
  • More
    • Beranda
    • Media Ajar
      • Kelas 7
        • Asesmen Awal Pembelajaran 7
        • Berpikir Komputasional 7
        • Pengelolaan Data
        • Pemrograman Dasar
        • Search Engine dan Pengolah Kata
        • Sistem Komputer
        • Jaringan Komputer dan Internet
        • Proteksi Data dan File
        • Analisis Data
        • Ruang dan Informasi Publik
        • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
        • Etika Kecerdasan Artifisial
        • Analisis Konten Deepfake
        • Pemanfaatan KA
        • Kokurikuler
        • Fakta, opini, dan hoaks
      • Kelas 8
        • Asesmen Awal Pembelajaran 8
        • Berpikir Komputasional 8
        • Pemrograman Visual (Blok) 8
        • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
        • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
        • Pencarian dan Visualisasi Data
        • Dampak Perundungan Digital
      • Kelas 9
        • Asesmen Awal Pembelajaran 9
        • Informatika SMP Kelas 9
        • Berpikir Komputasional 9
        • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
        • Sistem Komputer 9
        • JKI 9
        • Analisis Data 9
        • Algoritma Pemrograman 9
        • Kokurikuler 9
    • Perangkat Ajar
    • Game Pembelajaran
    • AI
    • My Style
    • ANVAPRO 2025

HOME     PROFIL     MEDIA AJAR     PERANGKAT AJAR     RUANG DISKUSI     AKUN BELAJAR.ID

Aku Mau Belajar :

Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik mampu menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung struktur data grapg dan tree, pengenalan pola, ekpresi dan operasi logika.

Apersepsi

  • Halo! 

  • Selamat datang pada sesi pembelajaran Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Kita akan belajar melalui serangkaian aktivitas untuk bisa memahami materi Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Pada sesi awal ini, kalian diminta untuk menuliskan pengalaman pribadi terkait Computational Thinking (Berpikir Komputasional). 

  • Silakan Anda jawab sesuai dengan pengalaman dan pemikiran Anda sendiri. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Mulai dari diri adalah tes sebelum belajar.

  • "Pernahkah kalian menggunakan Google Maps untuk mencari rute tercepat ke suatu tempat? Atau kalian pernah menelusuri silsilah keluarga di pohon keluarga (family tree)?" 

  • "Nah, ternyata semua itu menggunakan struktur data yang disebut graph dan tree. Graph digunakan untuk menggambarkan hubungan seperti jalur antar kota, sedangkan tree sering digunakan untuk menyusun data yang bercabang, seperti struktur organisasi atau pohon keluarga." 

  • "Hari ini, kita akan belajar bagaimana menerapkan berpikir komputasional untuk menyelesaikan persoalan menggunakan graph, tree, pola, serta ekspresi dan operasi logika 

Literasi Digital

  • Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Berpikir Komputasional. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Berpikir Komputasional. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

  • Kegiatan literasi yaitu kegiatan membaca dan menulis ringkasan materi pembelajaran. Ringkasan bisa berupa paragraf, mind map, poster/ gambar, tabel, komik, puisi, lagu AI, Video AI, dsb. 

  • Carilah informasi tentang:

  1. Struktur data graph

  2. Struktur data tree

  3. Ekspresi

  4. Operasi Logika

  5. Berikan contoh masing-masing

  • Ringkasan dibuat dalam bentuk digital kirim ke : Klik disini

  • Selamat berproses! 


Buku paket halaman 27 s.d 31

COMPUTATIONAL THINKING ALL.pptx
BERPIKIR KOMPUTASIONAL 9.pdf

Popcast Berpikir Komputasinal (Literasi Tambahan)

Bebras Podcast - Ep. 1: "Apa itu Computational Thinking?"

https://www.youtube.com/watch?v=Z_HnjgZT8HU&t=80s

Oleh : Bebras Indonesia

Bebras Podcast - Ep. 2: "AADP, PADA, ADAP, atau apa?"

(ABSTRAKSI, ALGORITMA, DEKOMPOSISI, PENGENALAN POLA)

https://www.youtube.com/watch?v=05chuA0vPHQ&t=1250s

Oleh : Bebras Indonesia

Uji Pemahaman

📋 PERINTAH MENGERJAKAN KUIS

Petunjuk:

  1. Bacalah setiap soal dengan cermat.

  2. Masukkan nama lengkap dan kelas sebelum memulai kuis.

  3. Jawablah semua pertanyaan dengan jujur dan sesuai kemampuan.

  4. Klik tombol "Kirim/Submit" setelah selesai mengerjakan.

https://wordwall.net/play/94895/066/703

Aktivitas 1

Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Menyelesaikan Persoalan Struktur Data Graph dan Tree. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Menyelesaikan PersoalanStruktur Data Graph dan Tree. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri/ kelompok yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

Selamat berproses! 

TUGAS STRUKTUR DATA: GRAPH & TREE BERDASARKAN HOBBY


Petunjuk Tugas:

  1. Buatlah struktur data Tree yang merepresentasikan kategori hobi kalian dan sub-hobinya.

  2. Buat juga struktur data Graph yang menunjukkan hubungan atau koneksi antara siswa yang memiliki hobi yang sama atau mirip.

Contoh : Hobby Seni Tari

Contoh Struktur Data Tree dan Struktur Data Graph. 

sumber: www.geeksforgeeks.org

Ini Informatika!

Dalam membuat program komputer, programmer seringkali harus membuat model yang tepat agar model tersebut dapat mewakili permasalahan yang dihadapinya. Programmer juga perlu membuat model solusi dari persoalan, sebelum mengimplementasi menjadi program. Dalam soal Pengantar Paket, data waktu tempuh perlu dimodelkan menjadi jalur yang ditempuh oleh Hara. Representasi data yang baik adalah representasi data yang memungkinkan kita untuk merekonstruksi properti-properti dalam dunia nyata yang kita butuhkan dan data tersebut dapat diproses dengan baik.  Untuk dapat menemukan model representasi data yang tepat,  terkadang, diperlukan proses pemodelan berulang kali. Kita perlu berlatih agar  makin terampil membuat model yang diperlukan karena setiap model data memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Graf seringkali digunakan dalam bidang Informatika untuk menggambarkan hubungan antardata, misalnya relasi dalam media sosial, jalur transportasi, jalan antartempat, jaringan komputer, dan hal-hal lain yang merupakan jejaring (network). Untuk dapat mengolah data graf dengan eisien, tersedia beberapa algoritma, misalnya Depth-First-Search (DFS) atau Breadth-First-Search (BFS).

Aktivitas 2

Buku Paket Halaman 29

TUGAS 2 BK 9.pdf

Ini Informatika!

Dalam membuat program komputer, programmer seringkali harus membuat model yang tepat agar model tersebut dapat mewakili permasalahan yang dihadapinya. Programmer juga perlu membuat model solusi dari persoalan, sebelum mengimplementasi menjadi program. Dalam soal Pengantar Paket, data waktu tempuh perlu dimodelkan menjadi jalur yang ditempuh oleh Hara. Representasi data yang baik adalah representasi data yang memungkinkan kita untuk merekonstruksi properti-properti dalam dunia nyata yang kita butuhkan dan data tersebut dapat diproses dengan baik.  Untuk dapat menemukan model representasi data yang tepat,  terkadang, diperlukan proses pemodelan berulang kali. Kita perlu berlatih agar  makin terampil membuat model yang diperlukan karena setiap model data memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Aktivitas 3

Buku Paket Halaman 30

TUGAS 1 BK 9.pdf

Ini Informatika!

Graf seringkali digunakan dalam bidang Informatika untuk menggambarkan hubungan antardata, misalnya relasi dalam media sosial, jalur transportasi, jalan antartempat, jaringan komputer, dan hal-hal lain yang merupakan jejaring (network). Untuk dapat mengolah data graf dengan eisien, tersedia beberapa algoritma, misalnya Depth-First-Search (DFS) atau Breadth-First-Search (BFS).

Aktivitas 4

Buku Paket Halaman 32

TUGAS 3 BK 9.pdf

Ini Informatika!

Selain operasi aritmatika, komputer juga dapat melakukan operasi boolean atau disebut juga operasi logika karena komputer mempunyai ALU (Arithmatic and Logical Unit), seperti yang dipelajari dalam modul Sistem Komputer. Ekspresi boolean akan terdiri atas operan bilangan biner (0= false; 1=true), dan operator (and, or, not, xor).

Presentasi

https://wheelofnames.com/vzn-6mu

https://www.online-stopwatch.com/duck-race/full-screen/?countdown=00:00:07&characterStyle=0

www.dipainformatika.my.id
Google Sites
Report abuse
Page details
Page updated
Google Sites
Report abuse