Search this site
Embedded Files
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
  • More
    • Beranda
    • Media Ajar
      • Kelas 7
        • Asesmen Awal Pembelajaran 7
        • Berpikir Komputasional 7
        • Pengelolaan Data
        • Pemrograman Dasar
        • Search Engine dan Pengolah Kata
        • Sistem Komputer
        • Jaringan Komputer dan Internet
        • Proteksi Data dan File
        • Analisis Data
        • Ruang dan Informasi Publik
        • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
        • Etika Kecerdasan Artifisial
        • Analisis Konten Deepfake
        • Pemanfaatan KA
        • Kokurikuler
        • Fakta, opini, dan hoaks
      • Kelas 8
        • Asesmen Awal Pembelajaran 8
        • Berpikir Komputasional 8
        • Pemrograman Visual (Blok) 8
        • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
        • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
        • Pencarian dan Visualisasi Data
        • Dampak Perundungan Digital
      • Kelas 9
        • Asesmen Awal Pembelajaran 9
        • Informatika SMP Kelas 9
        • Berpikir Komputasional 9
        • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
        • Sistem Komputer 9
        • JKI 9
        • Analisis Data 9
        • Algoritma Pemrograman 9
        • Kokurikuler 9
    • Perangkat Ajar
    • Game Pembelajaran
    • AI
    • My Style
    • ANVAPRO 2025

HOME     PROFIL     MEDIA AJAR     PERANGKAT AJAR     RUANG DISKUSI     AKUN BELAJAR.ID

Aku Mau Belajar :

Tujuan Pembelajaran

  • Murid dapat menjelaskan pentingnya informatika, merefleksikan dan mengoneksikan konsep informatika dengan praktik pembelajaran yang sudah dilakukan pada kelas VII dan VIII, serta menyiapkan diri untuk pelajaran Informatika Kelas IX. 

Apersepsi

  • Halo! 

  • Selamat datang pada sesi pembelajaran Informatika. 

  • Informatika adalah salah satu disiplin ilmu yang banyak dipakai pada kehidupan kita sehari-hari. Konsep dan ilmu Informatika sangat bermanfaat khususnya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang kita hadapi. Ingatkah kalian di kelas VII dan VIII?. Di kelas IX ini, kalian akan kembali mendalami konsep dan keilmuan Informatika tersebut. Namun sebelumnya, kalian perlu mengingat kembali apa itu Informatika dan materi-materi Informatika yang dipelajari mulai kelas VII dan VIII, serta agar kalian lebih siap untuk memulai kegiatan pembelajaran Informatika kelas IX. 

  • Silakan Anda jawab sesuai dengan pengalaman dan pemikiran Anda sendiri. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Mulai dari diri adalah tes sebelum belajar.

  • "Materi apa saja yang telah kalian pelajari pada kelas 7 dan kelas 8?" 

  • Tulis jawaban pada link : https://www.menti.com/algy2nxzx8a3

Aktivitas 1

Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Menyelesaikan Persoalan Struktur Data Graph dan Tree. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Menyelesaikan PersoalanStruktur Data Graph dan Tree. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri/ kelompok yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

Selamat berproses! 

Membuat Peta Konsep Digital 

  1. Peserta kelas dibagi ke dalam kelompok dengan anggota 2 orang. 

  2. Setiap kelompok membuat sebuah peta konsep materi Informatika yang telah dipelajari di kelas VII dan Kelas VIII. 

  3. Diskusikan dalam satu kelompok kira-kira akan seperti apa peta konsep yang akan dibuat. Sebagai catatan, peta konsep dapat dibuat dengan menggunakan alat bantu program aplikasi (mind-map tools) yang berbasis online dan gratis. Bentuk peta konsep juga beragam, kalian dapat bereksplorasi mencari berbagai contoh peta konsep dari internet. 

  4. Setelah itu, presentasikan peta konsep kalian kepada guru dan teman-teman untuk mendapatkan masukan. Bandingkan struktur peta konsep antarkelompok, apakah ada polanya, atau ada perbedaan struktur yang mencolok? 

  5. Unduh peta konsep yang kalian buat menggunakan mind-map tools berupa pdf atau jpg/png. 

  6. Simpan peta konsep ke google drive (baca : membagikan link google drive).


Membuat Folder di Google Drive

  1. Buka Google Drive dengan akun belajar kalian masing-masing.

  2. Buat folder dengan nama Informatika 9 nama dan kelas (contoh: Informatika 9 Almira Putri 9.1). 

  3. Buat subfolder (di dalam folder Informatika 9 nama dan kelas) dengan nama : 1. Mind Map Informatika. 

  4. Upload peta konsep kalian kedalam subfolder 1. Mind Map Informatika.


Membagikan Link Google Drive

  1. Buka Google Drive.

  2. Klik kanan pada folder Informatika 9 nama dan kelas.

  3. Pilih Bagikan (Share).

  4. Pada jendela yang muncul, klik bagian “Akses Umum” atau “General access”. Ubah opsi menjadi “Siapa pun yang memiliki link” (Anyone with the link). Pilih hak akses: Viewer (Pelihat) → hanya bisa melihat. Klik salin link (ini adalah link yang dibagikan ke orang lain).

  5. Bagikan (share) Folder kalian, kirim link google drive ke : Klik Disini

TUTORIAL LOGIN KE GOOGLE DRIVE

🔐 TUTORIAL LOGIN KE GOOGLE DRIVE

💻 A. Melalui Komputer (Laptop/PC)

  1. Buka Browser

    • Gunakan browser seperti Chrome, Firefox, Edge, atau lainnya.

  2. Kunjungi Situs Google Drive

    • Ketik https://drive.google.com di bilah alamat, lalu tekan Enter.

  3. Klik "Go to Drive" / "Masuk ke Drive"

    • Tombol ini akan membawa Anda ke halaman login Google.

  4. Masukkan Alamat Email Google Anda

    • Contoh: namakamu@gmail.com, lalu klik Berikutnya.

  5. Masukkan Kata Sandi

    • Ketik password dengan benar, lalu klik Berikutnya.

  6. Selesai

    • Anda akan masuk ke tampilan utama Google Drive, tempat Anda bisa mengunggah, melihat, dan mengelola file.

TUTORIAL MEMBUAT FOLDER & SUBFOLDER DI GOOGLE DRIVE

📁 TUTORIAL MEMBUAT FOLDER & SUBFOLDER DI GOOGLE DRIVE 

✅ 1. Membuat Folder

  1. Login ke Google Drive
    Masuk ke https://drive.google.com menggunakan akun Google Anda.

  2. Klik Tombol “+ Baru”
    Terletak di sisi kiri atas layar.

  3. Pilih “Folder”
    Jendela pop-up akan muncul.

  4. Masukkan Nama Folder
    Tulis nama folder yang diinginkan, lalu klik “Buat”.

  5. Folder Berhasil Dibuat!
    Folder baru akan muncul di daftar file Anda.

✅ 2. Membuat Subfolder

  1. Buka Folder yang Telah Dibuat

    • Klik dua kali pada folder utama untuk membukanya.

  2. Klik “+ Baru” Lagi di Dalam Folder Itu

    • Pilih lagi “Folder”.

  3. Masukkan Nama Subfolder

    • Misalnya: “Tugas Minggu 1”, lalu klik “Buat”.

  4. Subfolder Telah Dibuat

    • Kini subfolder berada di dalam folder utama.

TUTORIAL MEMBAGIKAN FOLDER DI GOOGLE DRIVE 

✅ 1. Masuk ke Google Drive

  • Buka https://drive.google.com dan login menggunakan akun Google Anda.

✅ 2. Klik Kanan pada Folder yang Ingin Dibagikan

  • Pilih "Bagikan" (Share) dari menu yang muncul.

✅ 3. Pilih Metode Berbagi:

a. Bagikan ke Orang Tertentu

  • Ketik alamat email orang yang ingin Anda beri akses.

  • Pilih hak akses:

    • Penampil (Viewer) → hanya bisa melihat.

    • Komentator (Commenter) → bisa melihat & berkomentar.

    • Editor → bisa mengedit dan menghapus isi folder.

  • Klik “Kirim”.

b. Bagikan Melalui Link

  • Klik “Salin Link”.

  • Ubah pengaturan siapa saja yang bisa mengakses:

    • “Dibatasi” → hanya orang tertentu.

    • “Siapa saja yang memiliki link” → terbuka untuk umum.

  • Atur hak akses seperti di atas.

  • Klik “Selesai”.


Presentasi

https://wheelofnames.com/vzn-6mu

https://www.online-stopwatch.com/duck-race/full-screen/?countdown=00:00:07&characterStyle=0

www.dipainformatika.my.id
Google Sites
Report abuse
Page details
Page updated
Google Sites
Report abuse