Search this site
Embedded Files
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
  • More
    • Beranda
    • Media Ajar
      • Kelas 7
        • Asesmen Awal Pembelajaran 7
        • Berpikir Komputasional 7
        • Pengelolaan Data
        • Pemrograman Dasar
        • Search Engine dan Pengolah Kata
        • Sistem Komputer
        • Jaringan Komputer dan Internet
        • Proteksi Data dan File
        • Analisis Data
        • Ruang dan Informasi Publik
        • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
        • Etika Kecerdasan Artifisial
        • Analisis Konten Deepfake
        • Pemanfaatan KA
        • Kokurikuler
        • Fakta, opini, dan hoaks
      • Kelas 8
        • Asesmen Awal Pembelajaran 8
        • Berpikir Komputasional 8
        • Pemrograman Visual (Blok) 8
        • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
        • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
        • Pencarian dan Visualisasi Data
        • Dampak Perundungan Digital
      • Kelas 9
        • Asesmen Awal Pembelajaran 9
        • Informatika SMP Kelas 9
        • Berpikir Komputasional 9
        • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
        • Sistem Komputer 9
        • JKI 9
        • Analisis Data 9
        • Algoritma Pemrograman 9
        • Kokurikuler 9
    • Perangkat Ajar
    • Game Pembelajaran
    • AI
    • My Style
    • ANVAPRO 2025

HOME     PROFIL     MEDIA AJAR     PERANGKAT AJAR     RUANG DISKUSI     AKUN BELAJAR.ID

Aku Mau Belajar :

Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik mampu mengetahui jenis ruang publik virtual.

  • Peserta didik memilah informasi yang bersifat privat dan publik

Apersepsi

  • Halo! 

  • Selamat datang pada sesi pembelajaran Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Kita akan belajar melalui serangkaian aktivitas untuk bisa memahami materi Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Pada sesi awal ini, kalian diminta untuk menuliskan pengalaman pribadi terkait Computational Thinking (Berpikir Komputasional). 

  • Silakan Anda jawab sesuai dengan pengalaman dan pemikiran Anda sendiri. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Mulai dari diri adalah tes sebelum belajar.

Pernahkan kalian pergi ke ruang publik? 

Klik disini untuk menjawab

Literasi Digital

  • Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Perangkat Komputer (Perangkat Keras dan Perangkat Lunak). Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Perangkat Komputer. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

  • Kegiatan literasi yaitu kegiatan membaca dan menulis ringkasan materi pembelajaran. Ringkasan bisa berupa paragraf, mind map, poster/ gambar, tabel, komik, puisi, lagu, dsb.

Carilah informasi tentang,

    1. Apa yang Dimaksud dengan Ruang Virtual?

    2. Bagaimana Cara Kerja Ruang Virtual?

    3. Apa Saja Contoh Ruang Virtual?

    4. Kelebihan dan Kekurangan Ruang Virtual?

    5. Apa itu informasi privat? Berikan contoh!

    6. Apa itu informasi publik? Berikan contoh!

  • Selamat berproses! 

Ruang Publik Virtual

Kolaborasi di Dunia Maya.pdf
RUANG PUBLIK VIRTUAL.pdf

Informasi Privat dan Informasi Publik

Informasi Pribadi dan Hukum Privasi.pdf

Aktivitas 1

Menggunakan ruang publlik virtual untuk berkolaborasi

Belajar berkolaborasi di dunia maya dengan menggunakan Google Meet dan Google Document.

Apa yang Kalian Perlukan?

https://meet.google.com/vdc-iqrm-gyb?pli=1

  1. Komputer/laptop/tablet/smartphone.

  2. Browser web.

  3. Koneksi internet

Apa yang Kalian Lakukan?

  1. Buka browser web

  2. Siapkan akun belajar kalian dan masuk ke link berikut ini:

Kelompok 1 : https://meet.google.com/vdc-iqrm-gyb?pli=1

Kelompok 2 : https://meet.google.com/ouy-rvqw-ikz

Kelompok 3 : https://meet.google.com/vdo-oijo-syh

Kelompok 4 : https://meet.google.com/evo-dyrf-vvu

Kelompok 5 : https://meet.google.com/bzp-cfqh-sxr

Kelompok 6 : https://meet.google.com/wcq-xafu-tfh

  1. Didalam room virtual, guru akan membagikan tugas diskusi secara virtual menggunakan Google Doc, siapkan akun belajar kalian masing-masing untuk melakukan diskusi secara virtual.

Aktivitas 2

Masukkan Nama dan Kelas, Klik Mulai

Presentasi

www.dipainformatika.my.id
Google Sites
Report abuse
Page details
Page updated
Google Sites
Report abuse