HOME PROFIL MEDIA AJAR PERANGKAT AJAR RUANG DISKUSI AKUN BELAJAR.ID
Murid mampu
I-LD-2.4 Membedakan fakta, opini, dan hoaks.
Halo!
Selamat datang pada sesi pembelajaran Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Kita akan belajar melalui serangkaian aktivitas untuk bisa memahami materi Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Pada sesi awal ini, kalian diminta untuk menuliskan pengalaman pribadi terkait Computational Thinking (Berpikir Komputasional).
Silakan Anda jawab sesuai dengan pengalaman dan pemikiran Anda sendiri. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Mulai dari diri adalah tes sebelum belajar.
Pernahkah kamu membaca berita di media sosial yang ternyata tidak benar? Bagaimana perasaanmu saat tahu kebenarannya?
Kalau kamu melihat postingan seperti “Minum air garam bisa menyembuhkan semua penyakit”, apa yang akan kamu lakukan? Percaya, abaikan, atau periksa dulu?
Menurut kamu, apakah semua yang tertulis di internet bisa dipercaya? Mengapa demikian?
Apakah kamu pernah menyebarkan informasi tanpa memeriksa kebenarannya terlebih dahulu? Apa risikonya?
Mengapa kita perlu bertanggung jawab terhadap apa yang kita bagikan di media sosial?
Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Berpikir Komputasional. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Berpikir Komputasional. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut.
Kegiatan literasi yaitu kegiatan membaca dan menulis ringkasan materi pembelajaran. Ringkasan bisa berupa paragraf, mind map, poster/ gambar, tabel, komik, puisi, lagu, dsb.
Kegiatan Literasi yaitu membaca dan menulis ringkasan pada materi bacaan. Hasil ringkasan dalam bentuk paragraf/ mind map/ tabel/ poster/ komik/ dsb.
Carilah informasi tentang,
Apa itu peramban (Browser)? contoh peramban?
Apa itu seacrch engine? contoh search engine?
Bagaimana cara search engine bekerja?
Selamat berproses!
Aktivitas Individu
Kalian akan berlatih mengembangkan bernalar kritis dalam melakukan analisis membandingkan informasi yang berupa fakta, opini, atau hoaks.
Apa yang Kalian Perlukan?
Komputer/ponsel yang terkoneksi internet.
Apa yang Harus Kalian Lakukan?
Baca dan pahami terlebih dahulu konsep mengenai perbedaan fakta, opini, dan hoaks. Manakah yang termasuk dalam kategori fakta, opini, atau hoaks.
Aktivitas Individu
Kalian akan berlatih melakukan pencarian informasi yang relevan dengan fakta, oponi, dan hoaks. Aktivitas ini melatih kalian agar mampu bernalar kritis dalam melakukan pencarian informasi.
Apa yang Kalian Perlukan?
Komputer/ponsel yang terkoneksi internet.
Apa yang Harus Kalian Lakukan?
Bacalah beberapa artikel di internet. identifikasi bagian yang mungkin merupakan fakta, opini, atau hoaks. Catatlah dalam tabel berikut ini beserta alasannya.