Search this site
Embedded Files
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
  • More
    • Beranda
    • Media Ajar
      • Kelas 7
        • Asesmen Awal Pembelajaran 7
        • Berpikir Komputasional 7
        • Pengelolaan Data
        • Pemrograman Dasar
        • Search Engine dan Pengolah Kata
        • Sistem Komputer
        • Jaringan Komputer dan Internet
        • Proteksi Data dan File
        • Analisis Data
        • Ruang dan Informasi Publik
        • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
        • Etika Kecerdasan Artifisial
        • Analisis Konten Deepfake
        • Pemanfaatan KA
        • Kokurikuler
        • Fakta, opini, dan hoaks
      • Kelas 8
        • Asesmen Awal Pembelajaran 8
        • Berpikir Komputasional 8
        • Pemrograman Visual (Blok) 8
        • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
        • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
        • Pencarian dan Visualisasi Data
        • Dampak Perundungan Digital
      • Kelas 9
        • Asesmen Awal Pembelajaran 9
        • Informatika SMP Kelas 9
        • Berpikir Komputasional 9
        • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
        • Sistem Komputer 9
        • JKI 9
        • Analisis Data 9
        • Algoritma Pemrograman 9
        • Kokurikuler 9
    • Perangkat Ajar
    • Game Pembelajaran
    • AI
    • My Style
    • ANVAPRO 2025

HOME     PROFIL     MEDIA AJAR     PERANGKAT AJAR     RUANG DISKUSI     AKUN BELAJAR.ID

Aku Mau Belajar :

Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik mampu menganalisis aplikasi yang paling efisien untuk digunakan dalam pengolahan sebuah file bergantung pada tujuan dan penyajian isinya yaitu teks, gambar, grafik, dan tabel serta dalam bentuk audio. 

  • Peserta didik mampu memanfaatkan tools (perkakas) yang banyak digunakan untuk menghasilkan dokumen yang berisi teks, data dan gambar untuk dipakai sebagai laporan atau presentasi dan kebutuhan mengkomunikasikan ide secara tertulis. 

  • Peserta didik mampu membuat dan menyusun portal informasi publik dalam bentuk blog dan vlog sederhana sebagai ruang pajang digital milik pribadi peserta didik. 

Apersepsi

  • Halo! 

  • Selamat datang pada sesi pembelajaran Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Kita akan belajar melalui serangkaian aktivitas untuk bisa memahami materi Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Pada sesi awal ini, kalian diminta untuk menuliskan pengalaman pribadi terkait Computational Thinking (Berpikir Komputasional). 

  • Silakan Anda jawab sesuai dengan pengalaman dan pemikiran Anda sendiri. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Mulai dari diri adalah tes sebelum belajar.

  • "Pernahkah kalian melihat atau membaca majalah? Halaman majalah biasanya berisi kata, grafik, gambar, foto bahkan tabel dan angka. Menurut kalian, perkakas apa saja yang diperlukan untuk membuat sebuah halaman majalah? Bagaimana langkah-langkah membuat elemen seperti grafik, gambar maupun tabel? Apakah kita memerlukan lebih dari satu aplikasi untuk membuat hal itu?" 

RUANG DISKUSI

Literasi Digital

  • Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Berpikir Komputasional. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Berpikir Komputasional. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

  • Kegiatan literasi yaitu kegiatan membaca dan menulis ringkasan materi pembelajaran. Ringkasan bisa berupa paragraf, mind map, poster/ gambar, tabel, komik, puisi, lagu AI, Video AI, dsb. 

  • Selamat berproses! 


Buku paket Informatika halaman 39 s.d 64

Informatika-BS-KLS-IX-55-80.pdf

Aktivitas 1

Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Menyelesaikan Persoalan Struktur Data Graph dan Tree. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Menyelesaikan PersoalanStruktur Data Graph dan Tree. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri/ kelompok yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

Selamat berproses! 

Aktivitas Kelompok 

1. Kalian diminta untuk membuat daftar pengurus kelas dalam bentuk tabel. Daftar pengurus tersebut kemudian dapat dicetak menggunakan printer jika tersedia. Aplikasi apa yang akan kalian pakai untuk membuat daftar pengurus tersebut? Apa alasannya? 

2. Kalian diminta untuk mempresentasikan beberapa usulan logo dari kegiatan ekstrakurikuler di hadapan wali kelas. Aplikasi apa yang akan kalian pakai? Apa alasannya? 

INFORMASI KELOMPOK UNDIAN KELOMPOK

Aktivitas 2

Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Menyelesaikan Persoalan Struktur Data Graph dan Tree. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Menyelesaikan PersoalanStruktur Data Graph dan Tree. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri/ kelompok yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

Selamat berproses! 

Aktivitas TIK-09-01: Membuat Sebuah Laporan Kas Kelas Sederhana 

Ambilah studi kasus dari pengelolaan uang kas di kelas kalian. Mintalah data dari bendahara kalian. Kalian akan menggunakan data pembayaran uang kas dalam aktivitas kali ini. Sebagai pengurus kelas yang mencoba untuk menjalankan kepengurusan dengan mengedepankan transparansi, kalian akan membuat sebuah presentasi sederhana tentang visualiasi arus uang kas di kelas kalian dalam rentang waktu tertentu. Untuk tugas ini, buatlah slide yang terdiri atas lembar judul, paparan utama, dan penutup. 


1. Analisis Konten 

Apa yang kalian perlukan? 

Alat dan bahan konten 

• ...................................................................................................................................... 

• ...................................................................................................................................... 


2. Proses Analisis Masalah

Apa yang harus kalian lakukan? 

Lakukan analisis masalah dengan melihat produk akhir yang diminta serta jenis konten yang terdapat pada produk tersebut. 

Produk akhir yang diminta: 

............................................................................................................................. 

............................................................................................................................. 


Target pembaca: 

............................................................................................................................. 

............................................................................................................................. 


Tujuan/kegunaan dokumen: 

............................................................................................................................. 

............................................................................................................................. 


Jenis konten: 

............................................................................................................................. 

............................................................................................................................. 


3. Mencari Alternatif Solusi 

Tentunya banyak cara untuk membuat produk dokumen yang diinginkan. Kalian dapat menuliskan apa pun yang menurut kalian bisa menjadi solusi. Tuliskan sebanyak mungkin yang ada di pikiran kalian. Sebagai contoh solusi, sebenarnya kalian bisa memilih: • Menggunakan fitur tabel Microsoft Word untuk menampilkan semua pemasukan uang kas dari hari ke hari 

• ...................................................................................................................................... 

• ...................................................................................................................................... 


4. Pemilihan Solusi dan Aplikasi Pendukung 

Berdasarkan hasil analisis masalah dan alternatif solusi, kalian dapat memberikan penilaian dari setiap solusi yang ada. Terlihat bahwa untuk membuat sebuah visualisasi, kalian perlu memanfaatkan kemampuan aplikasi pengolah lembar kerja (spreadsheet) untuk mengubah angka-angka tersebut menjadi sebuah grafik. 

Sebagai contoh langkah, kalian akan memindahkan data catatan dari buku uang kas ke dalam tabel yang terdapat pada aplikasi pengolah lembar kerja yang kalian gunakan. Buatlah 5 kolom sederhana yang terdiri atas nomor, hari/tanggal, pemasukan, pengeluaran, jenis pengeluaran, dan saldo. Contoh desain tabel yang akan dibuat dapat dilihat pada Tabel 3.2 

Kalian mungkin membutuhkan kolom tambahan sebagai informasi tambahan. Kolom apa yang mungkin kalian tambahkan untuk kasus di atas? Apa alasannya? 

• ...................................................................................................................................... 

Alasan ......................................................................................................................... 

• ...................................................................................................................................... 

Alasan ......................................................................................................................... 


4. Proses Pembuatan Laporan Kas Kelas Sederhana 

Langkah-Langkah Pengerjaan Tugas: Visualisasi Arus Uang Kas Kelas:

1. Persiapan Data

  • Mintalah data pembayaran uang kas dari bendahara kelas (pemasukan dan pengeluaran).

  • Pastikan data mencakup periode waktu tertentu (misalnya 1 bulan atau 1 semester).

2. Pengolahan dan Visualisasi Data 

    • Gunakan aplikasi yang yang sudah direncanakan

    • Tampilkan arus kas (cash flow) secara jelas:

      1. Grafik pemasukan dan pengeluaran per minggu/bulan.

      2. Ringkasan total pemasukan, pengeluaran, dan saldo akhir.

      3. Pastikan tampilan visual mudah dipahami dan menarik secara visual.

 3. Pembuatan Presentasi 

    • Tampilkan hasil pengolahan dan visualisasi ke dalam slide presentasi.

    • Presentasikan hasil karyamu.

Pengiriman Tugas : Klik disini

Aktivitas 3

Aktivitas 4

Presentasi

https://wheelofnames.com/vzn-6mu

https://www.online-stopwatch.com/duck-race/full-screen/?countdown=00:00:07&characterStyle=0

www.dipainformatika.my.id
Google Sites
Report abuse
Page details
Page updated
Google Sites
Report abuse