HOME PROFIL MEDIA AJAR PERANGKAT AJAR RUANG DISKUSI AKUN BELAJAR.ID
Murid mampu
I-LD-2.1. Memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet dengan tema lingkungan (kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase, pengelolaan sampah, penanaman dan pembeliharaan tanaman, konservasi air, konservasi energi, inovasi terkait penerapan PRLH).
I-LD-2.5. Memahami pemanfaatan perangkat teknologi pengolah dokumen.
Halo!
Selamat datang pada sesi pembelajaran Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Kita akan belajar melalui serangkaian aktivitas untuk bisa memahami materi Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Pada sesi awal ini, kalian diminta untuk menuliskan pengalaman pribadi terkait Computational Thinking (Berpikir Komputasional).
Silakan Anda jawab sesuai dengan pengalaman dan pemikiran Anda sendiri. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Mulai dari diri adalah tes sebelum belajar.
Peserta didik diajak membayangkan di zaman ketika belum ada komputer, smartphone, dan search engine seperti Google. Apa yang harus dilakukan jika ingin mencari informasi tertentu?
Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Berpikir Komputasional. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Berpikir Komputasional. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut.
Kegiatan literasi yaitu kegiatan membaca dan menulis ringkasan materi pembelajaran. Ringkasan bisa berupa paragraf, mind map, poster/ gambar, tabel, komik, puisi, lagu, dsb.
Kegiatan Literasi yaitu membaca dan menulis ringkasan pada materi bacaan. Hasil ringkasan dalam bentuk paragraf/ mind map/ tabel/ poster/ komik/ dsb.
Carilah informasi tentang,
Apa itu peramban (Browser)? contoh peramban?
Apa itu seacrch engine? contoh search engine?
Bagaimana cara search engine bekerja?
Selamat berproses!
Aktivitas Individu TIK-K7-03: Pencarian Informasi
Kalian akan berlatih melakukan pencarian informasi dengan menggunakan mesin pencari Google dan Membuat laporan hasil praktik materi 1 dengan tema lingkungan (kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase, pengelolaan sampah, penanaman dan pembeliharaan tanaman, konservasi air, konservasi energi, inovasi terkait penerapan PRLH) menggunakan aplikasi perkantoran, misalnya: Micorosft Word, Google Doc, dsb.
Apa yang Kalian Perlukan?
Komputer/ponsel yang telah terpasang sistem operasi dan peramban.
Apa yang Harus Kalian Lakukan?
Pencarian informasi terkait dengan Kebersihan Lingkungan Sekolah menggunakan 7 teknik pencarian informasi di internet (KELAS 7.1).
Pencarian informasi terkait dengan Sanitasi dan Drainase menggunakan 7 teknik pencarian informasi di internet (KELAS 7.2).
Pencarian informasi terkait dengan Pengelolaan Sampah menggunakan 7 teknik pencarian informasi di internet (KELAS 7.3).
Pencarian informasi terkait dengan Penanaman dan Pemeliharaan Tanaman menggunakan 7 teknik pencarian informasi di internet (KELAS 7.4).
Pencarian informasi terkait dengan Konservasi Air menggunakan 7 teknik pencarian informasi di internet (KELAS 7.5).
Pencarian informasi terkait dengan Konservasi Energi menggunakan 7 teknik pencarian informasi di internet (KELAS 7.6).
Pencarian informasi terkait dengan Inovasi dalam bidang lingkungan menggunakan 7 teknik pencarian informasi di internet (KELAS 7.7)
TUGAS
Lakukan pencarian informasi sesuai dengan tema di atas dengan menggunakan 7 teknik pencarian informasi!
Hasil pencarian dibuat dalam bentuk laporan sederhana sebagai berikut:
Ketentuan laporan:
Ukuran kertas A4 klik disini jika belum tahu
Margin (atas 4, bawah 3, kiri 4, kanan 3) klik disini jika belum tahu
Line spasing 1,5 klik disini jika belum tahu
Font : Arial, Font Size : 12 (khusus pendahuluan, isi, kesimpulan dan penutup), untuk judul bebas
Halaman terdiri dari:
Halaman Judul:
Judul laporan (contoh : Mencari informasi tentang konservasi air menggunakan 7 teknik pencarian informasi di internet menggunakan search engine)
Logo sekolah
Nama penulis, no presensi, kelas
Identitas sekolah
Tahun pembuatan laporan
Pendahuluan:
Latar belakang
Rumusan masalah
Tujuan
Isi (Pembahasan):
Penyajian hasil praktik menggunakan 7 teknik pencarian informasi, yang terdiri dari:
Teknik yang digunakan
Kata kunci (keyword) yang digunakan
Hasil pencarian
Jumlah data hasil pencarian
Kesimpulan dan penutup:
Rangkuman hasil praktik
Penutup
Daftar Pustaka (jika ada):
Daftar sumber yang digunakan dalam penulisan laporan