Search this site
Embedded Files
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
DIPA
  • Beranda
  • Media Ajar
    • Kelas 7
      • Asesmen Awal Pembelajaran 7
      • Berpikir Komputasional 7
      • Pengelolaan Data
      • Pemrograman Dasar
      • Search Engine dan Pengolah Kata
      • Sistem Komputer
      • Jaringan Komputer dan Internet
      • Proteksi Data dan File
      • Analisis Data
      • Ruang dan Informasi Publik
      • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
      • Etika Kecerdasan Artifisial
      • Analisis Konten Deepfake
      • Pemanfaatan KA
      • Kokurikuler
      • Fakta, opini, dan hoaks
    • Kelas 8
      • Asesmen Awal Pembelajaran 8
      • Berpikir Komputasional 8
      • Pemrograman Visual (Blok) 8
      • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
      • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
      • Pencarian dan Visualisasi Data
      • Dampak Perundungan Digital
    • Kelas 9
      • Asesmen Awal Pembelajaran 9
      • Informatika SMP Kelas 9
      • Berpikir Komputasional 9
      • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
      • Sistem Komputer 9
      • JKI 9
      • Analisis Data 9
      • Algoritma Pemrograman 9
      • Kokurikuler 9
  • Perangkat Ajar
  • Game Pembelajaran
  • AI
  • My Style
  • ANVAPRO 2025
  • More
    • Beranda
    • Media Ajar
      • Kelas 7
        • Asesmen Awal Pembelajaran 7
        • Berpikir Komputasional 7
        • Pengelolaan Data
        • Pemrograman Dasar
        • Search Engine dan Pengolah Kata
        • Sistem Komputer
        • Jaringan Komputer dan Internet
        • Proteksi Data dan File
        • Analisis Data
        • Ruang dan Informasi Publik
        • Produksi dan Diseminasi Konten Digital
        • Etika Kecerdasan Artifisial
        • Analisis Konten Deepfake
        • Pemanfaatan KA
        • Kokurikuler
        • Fakta, opini, dan hoaks
      • Kelas 8
        • Asesmen Awal Pembelajaran 8
        • Berpikir Komputasional 8
        • Pemrograman Visual (Blok) 8
        • Pengalamatan Memori dan Gerbang Logika
        • Konfigurasi dan Routing Jaringan 8
        • Pencarian dan Visualisasi Data
        • Dampak Perundungan Digital
      • Kelas 9
        • Asesmen Awal Pembelajaran 9
        • Informatika SMP Kelas 9
        • Berpikir Komputasional 9
        • Analisis dan Pemanfaatan Tools TIK 9
        • Sistem Komputer 9
        • JKI 9
        • Analisis Data 9
        • Algoritma Pemrograman 9
        • Kokurikuler 9
    • Perangkat Ajar
    • Game Pembelajaran
    • AI
    • My Style
    • ANVAPRO 2025

HOME     PROFIL     MEDIA AJAR     PERANGKAT AJAR     RUANG DISKUSI     AKUN BELAJAR.ID

Aku Mau Belajar :

Tujuan Pembelajaran

Murid mampu

  • I-LD-2.1. Memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet dengan tema lingkungan (kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase, pengelolaan sampah, penanaman dan pembeliharaan tanaman, konservasi air, konservasi energi, inovasi terkait penerapan PRLH).

  • I-LD-2.5. Memahami pemanfaatan perangkat teknologi pengolah dokumen.

Apersepsi

  • Halo! 

  • Selamat datang pada sesi pembelajaran Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Kita akan belajar melalui serangkaian aktivitas untuk bisa memahami materi Computational Thinking (Berpikir Komputasional). Pada sesi awal ini, kalian diminta untuk menuliskan pengalaman pribadi terkait Computational Thinking (Berpikir Komputasional). 

  • Silakan Anda jawab sesuai dengan pengalaman dan pemikiran Anda sendiri. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Mulai dari diri adalah tes sebelum belajar.

  • Peserta didik diajak membayangkan di zaman ketika belum ada komputer, smartphone, dan search engine seperti Google. Apa yang harus dilakukan jika ingin mencari informasi tertentu? 

Literasi Digital

  • Pada bagian ini anak-anak akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Berpikir Komputasional. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Berpikir Komputasional. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami materi tersebut. 

  • Kegiatan literasi yaitu kegiatan membaca dan menulis ringkasan materi pembelajaran. Ringkasan bisa berupa paragraf, mind map, poster/ gambar, tabel, komik, puisi, lagu, dsb.

  • Kegiatan Literasi yaitu membaca dan menulis ringkasan pada materi bacaan. Hasil ringkasan dalam bentuk paragraf/ mind map/ tabel/ poster/ komik/ dsb.

  • Carilah informasi tentang,

    1. Apa itu peramban (Browser)? contoh peramban?

    2. Apa itu seacrch engine? contoh search engine?

    3. Bagaimana cara search engine bekerja?

  • Selamat berproses! 

PERAMBAN DAN SEARCH ENGINE.pdf

Latihan

Teknik pencarian informasi di internet (Informatika).pdf

Aktivitas 1

Wayground: Practice linkClick the link to join now.

Aktivitas 2

Aktivitas Individu TIK-K7-03: Pencarian Informasi

Kalian akan berlatih melakukan pencarian informasi dengan menggunakan mesin pencari Google dan Membuat laporan hasil praktik materi 1 dengan tema lingkungan (kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase, pengelolaan sampah, penanaman dan pembeliharaan tanaman, konservasi air, konservasi energi, inovasi terkait penerapan PRLH)  menggunakan aplikasi perkantoran, misalnya: Micorosft Word, Google Doc, dsb. 


Apa yang Kalian Perlukan?

Komputer/ponsel yang telah terpasang sistem operasi dan peramban.

Apa yang Harus Kalian Lakukan?

Pencarian informasi terkait dengan Kebersihan Lingkungan Sekolah menggunakan 7 teknik pencarian informasi di internet (KELAS 7.1).

Pencarian informasi terkait dengan Sanitasi dan Drainase menggunakan 7 teknik pencarian informasi di internet (KELAS 7.2).

Pencarian informasi terkait dengan Pengelolaan Sampah menggunakan 7 teknik pencarian informasi di internet (KELAS 7.3).

Pencarian informasi terkait dengan Penanaman dan Pemeliharaan Tanaman menggunakan 7 teknik pencarian informasi di internet (KELAS 7.4).

Pencarian informasi terkait dengan Konservasi Air menggunakan 7 teknik pencarian informasi di internet (KELAS 7.5). 

Pencarian informasi terkait dengan Konservasi Energi menggunakan 7 teknik pencarian informasi di internet (KELAS 7.6). 

Pencarian informasi terkait dengan Inovasi dalam bidang lingkungan menggunakan 7 teknik pencarian informasi di internet (KELAS 7.7)


TUGAS

  • Lakukan pencarian informasi sesuai dengan tema di atas dengan menggunakan 7 teknik pencarian informasi!

  • Hasil pencarian dibuat dalam bentuk laporan sederhana sebagai berikut:

Ketentuan laporan:

  1. Ukuran kertas A4   klik disini jika belum tahu

  2. Margin (atas 4, bawah 3, kiri 4, kanan 3)   klik disini jika belum tahu

  3. Line spasing 1,5   klik disini jika belum tahu

  4. Font : Arial, Font Size : 12 (khusus pendahuluan, isi, kesimpulan dan penutup), untuk judul bebas

  5. Halaman terdiri dari: 


Halaman Judul:

  • Judul laporan (contoh : Mencari informasi tentang konservasi air menggunakan 7 teknik pencarian informasi di internet menggunakan search engine) 

  • Logo sekolah 

  • Nama penulis, no presensi, kelas

  • Identitas sekolah

  • Tahun pembuatan laporan

Pendahuluan:

  • Latar belakang 

  • Rumusan masalah

  • Tujuan

Isi (Pembahasan):

  • Penyajian hasil praktik menggunakan 7 teknik pencarian informasi, yang terdiri dari:

    1. Teknik yang digunakan

    2. Kata kunci (keyword) yang digunakan

    3. Hasil pencarian

    4. Jumlah data hasil pencarian

Kesimpulan dan penutup:

  • Rangkuman hasil praktik

  • Penutup


Daftar Pustaka (jika ada):

  • Daftar sumber yang digunakan dalam penulisan laporan

Link Youtube Tutorial:

Cara mengatur ukuran kertas

Cara mengatur margin

Cara mengatur spasi (line spacing)

Link Youtube Tutorial:

Cara mengatur jenis huruf (font) dan ukuran huruf (font size)

Cara menyimpan dokumen (file)

Cara membuka file yang pernah disimpan

Presentasi

www.dipainformatika.my.id
Google Sites
Report abuse
Page details
Page updated
Google Sites
Report abuse